CEK FAKTA: Hoaks Rumah DP 0% Berupa Peti Mati

Senin, 14 September 2020 12:27 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Rumah DP 0% Berupa Peti Mati Pendaftaran rumah DP 0 Rupiah. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Informasi rumah DP 0 persen berbentuk peti mati beredar di media sosial Facebook. Informasi itu menyertakan sebuah foto seseorang sedang membuat peti mati, dengan narasi "RUMAH DP 0% DKI JAKARTA Rumah masa depan BUKAN SEKEDAR JANJI TAPI BUKTI !!"

hoaks rumah dp 0 persen berupa peti mati

turnbackhoax

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi rumah DP 0 persen berbentuk peti mati adalah hoaks. Dalam artikel turnbackhoax.id berjudul "[SALAH] Rumah DP 0% DKI Jakarta dengan Foto Peti Mati" pada 12 September 2020, dijelaskan bahwa foto dan narasi tidak sesuai dengan pemberitaan sebenarnya.

Dari hasil penelusuran, diketahui foto tersebut adalah proses pembuatan peti mati yang ada di Bogor. Dilansir dari kompas.com, seorang pengusaha dekorasi pernikahan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat bernama Ranky Safitri beralih profesi menjadi pembuat peti jenazah. Hal itu dilakukan untuk dapat bertahan hidup dan tetap dapat menggaji karyawan di tengah pandemi.

tayangan berita tentang pembuat peti mati

Sementara itu dilansir dari website resmi rumah DP 0 Rupiah Jakarta, samawa.jakarta.go.id disebutkan pembangunan proyek tersebut berupa rusun (rumah susun) ‘SAMAWA’ yang bertempat di Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur. Proyek ini telah dibuka dari tahun 2019 lalu dan menurut kontan.co.id sudah ada 168 unit terjual di awal bulan Juli 2020.

Kesimpulan

Informasi rumah DP 0 persen berbentuk peti mati adalah hoaks. Rumah DP 0 persen berupa rusun (rumah susun) ‘SAMAWA’ yang bertempat di Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur, dan bukan berupa peti mati.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini