CEK FAKTA: Hoaks Rizieq Syihab Dikabarkan Meninggal di Penjara karena Covid-19

Senin, 11 Januari 2021 14:04 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Rizieq Syihab Dikabarkan Meninggal di Penjara karena Covid-19 Habib Rizieq ditahan polisi. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Kabar Rizieq Syihab atau yang kerap disebut HRS meninggal dunia karena Covid-19 beredar di media sosial Facebook. Disebutkan HRS meninggal dunia di dalam penjara.

"Inalilahi wainailaihi rojiun
Telah meninggal..HRS..
Di dalam sel karna kena covid…"

hoaks rizieq syihab dikabarkan meninggal di penjara karena covid 19
©Istimewa

Penelusuran

Hasil penelusuran mengarah pada artikel merdeka.com berjudul "Sempat Sakit, Rizieq Syihab Dipisah dengan Tahanan Lain" pada 9 Januari 2012. Kuasa Hukum Rizieq Syihab, Aziz Yanuar mengatakan, kondisi kliennya sudah mulai membaik meskipun masih sedang masa pemulihan. Oleh karenanya, Rizieq tak digabung dengan tahanan lain atau dipisah.

"Dipisah (dengan tahanan lain). Beliau Alhamdulillah sudah lebih baik dari sebelumnya. Masih lemah dan butuh pemulihan," katanya saat dihubungi merdeka.com, Sabtu (9/1).

Namun, dia belum bisa memastikan apakah Rizieq perlu dirawat di luar tahanan atau tidak. Hal ini akan ia koordinasikan dulu dengan pihak dokter pribadi Rizieq dan Polda Metro Jaya.

"Nanti kita baru akan bertemu mereka. Kita lihat nanti dari pendapat dokter dan juga kebijakan kepolisian. Kami hormati, insya Allah mereka humanis dan mengedepankan rasa kemanusiaan," ujarnya.

Selain itu, Aziz mengapresiasi Dokkes Polda Metro Jaya yang dengan cepat merespon kliennya saat mengalami sakit atau sesak napas pada awal tahun 2021.

"Alhamdulillah pihak Tahti Polda dan Dokkes sangat sigap tempo hari dan hingga saat ini dalam menangani beliau, kami sangat apresiasi," ungkapnya.

Dia menyebut, saat ini sudah disediakan satu tabung oksigen ukuran besar untuk keperluan Rizieq. Satu tabung yang disebutnya adalah milik dari kliennya tersebut.

"Tabungnya besar jadi tidak per hari dihitungnya. Awal hanya satu kalau tidak salah sebelum datang yang dari rumah beliau," sebutnya.

"Iya, satu pribadi besar (tabung oksigen). Sehingga tidak juga terlalu merepotkan rutan Tahti Polda Metro Jaya dan Dokkes Polda jika membutuhkan oksigen mendadak," pungkasnya.

Sementara itu, Dilansir Detik.com, melalui artikel berjudul "Polisi Sebut Kondisi Habib Rizieq di Rutan Saat Ini Normal" dimuat Kamis, 07 Januari 2021, Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polda Metro Jata AKBP Rahma mengatakan, kondisi kesehatan Rizieq Syihab, baik. Sebelumnya, Pengacara Sugito Atmo Pawiro menyebut Rizieq Shihab sempat sesak napas hingga membutuhkan tabung oksigen di malam pergantian tahun.

"(Kondisi kesehatan Habib Rizieq) normal, tiap hari kita periksa. Tekanan darahnya bagus 130/120 bagus, dia normal," kata Rahmat saat dihubungi, Kamis 7 Januari 2021.

Rahmat tidak menampik jika dikatakan pada malam tahun baru Habib Rizieq mengalami sesak napas. Pihaknya langsung memanggil dokter dari Biddokes Polda Metro Jaya untuk mengecek kondisi kesehatan Habib Rizieq.

"Sore merasa nggak enak badan terus kita panggil dokter masuk, dibantulah sama dokter oksigen, dia bilang dia mau oksigen dari rumahnya kan gitu," tuturnya.

Kesimpulan

Kabar Rizieq Syihab meninggal dunia adalah hoaks. Kesehatan Rizieq Syihab sempat terganggu karena mengalami sesak napas, namun saat ini keadaannya sudah membaik.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini