CEK FAKTA: Hoaks Reporter di India Ditusuk Karena Siarkan Kerumunan di Sungai Gangga

Senin, 3 Mei 2021 12:03 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Reporter di India Ditusuk Karena Siarkan Kerumunan di Sungai Gangga Ribuan warga India berjubel rayakan Kumbh Mela di Sungai Gangga. ©REUTERS/Anushree Fadnavis

Merdeka.com - Informasi reporter TV di India ditusuk hingga tewas karena menyiarkan acara kerumunan mandi di Sungai Gangga yang menyebabkan ledakan kasus Covid-19 di India.

Dalam pesan yang beredar terdapat foto seorang perempuan yang tengah tergeletak di jalan. Perempuan tersebut dikaitkan dengan seorang reporter TV di India yang ditusuk hingga tewas.

"Reporter TV di India ditusuk berkali kali di jalanan sampai tewas. Dia penyiar TV yang menyiarkan acara kerumunan mandi di Sungai Gangga yang menyebabkan ledakan kasus Covid-19.Tragis ....kok reporternya yang disalahkan..."

hoaks reporter tv di india ditusuk
©Liputan6.com

Penelusuran

Hasil penelusuran, terdapat beberapa artikel yang membantah mengenai kabar penusukan seorang reporter TV di India hingga tewas karena menyiarkan acara kerumunan mandi di Sungai Gangga.

Satu di antaranya artikel berjudul "Fact check: UP's TV anchor not stabbed over her Kumbh coverage" yang dimuat situs ibtimes.co.id pada 18 April 2021.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa reporter TV di India ditusuk hingga tewas karena menyiarkan acara kerumunan mandi di Sungai Gangga ternyata tidak benar. Foto perempuan yang tergeletak di jalan bukan seorang reporter TV di India.

Dari penelusuran ibtimes.co.id, korban dalam foto tersebut diidentifikasi sebagai Neelu perempuan berusia 26 tahun. Pekerja di Rumah Sakit Safdarjung itu meninggal dunia setelah diserang suaminya Harish Mehta.

Menurut Kepolisian Delhi, pasangan itu berasal dari Rajkot di Gujarat dan telah tinggal di Delhi.

Dikutip dari theprint.in, Pragya Mishra yang disebut-sebut sebagai korban penusukan menyebut bahwa kabar tentang kematiannya hanya rumor belaka.

Mishra menyampaikan klarifikasinya lewat akun twitternya, @PragyaLive. Dia mengatakan saat ini masih bekerja di rumah karena protokol Covid-19.

Kesimpulan

Reporter TV di India ditusuk hingga tewas karena menyiarkan acara kerumunan mandi di Sungai Gangga adalah tidak benar.

Faktanya, perempuan tersebut merupakan seorang karyawan di sebuah rumah sakit yang dilaporkan tewas setelah ditusuk oleh suaminya.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.ibtimes.co.in/fact-check-s-tv-anchor-not-stabbed-over-her-kumbh-coverage-truth-here-835372
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4547500/cek-fakta-hoaks-reporter-tv-di-india-ditusuk-karena-menyiarkan-acara-kerumunan-mandi-di-sungai-gangga [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini