CEK FAKTA: Hoaks Rekaman Suara Brigadir J Disiksa, Ini Fakta Sebenarnya

Kamis, 11 Agustus 2022 11:51 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Rekaman Suara Brigadir J Disiksa, Ini Fakta Sebenarnya Aksi lilin untuk Brigadir J. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Beredar video diaplikasi TikTok, yang memperdengarkan suara seseorang yang diduga sebagai Brigadir J, mantan ajudan Mantan Kadivpropam Polri Irjen Ferdy Sambo sedang disiksa saat dalam perjalanan.

Dalam video terdengar suara rintihan dan tangisan yang diduga Brigadir J. Video tersebut tertulis keterangan sebagai berikut:

"Inilah suara asli Brigadir Josua diduga ini suara Brigadir J ketika beliau dis*ksa diperjalanan ya Tuhan sungguh sangat memperihatinkan."

cek fakta hoaks rekaman suara brigadir j disiksa
TikTok

Penelusuran

Hasil penelusuran, video yang diklaim sebagai suara Brigadir J yang sedang disiksa adalah keliru. Suara dalam video tersebut merupakan suara Laskar FPI sebelum meregang nyawa pada Desember 2020.

Video dengan suara yang identik diunggah akun YouTube Mata Najwa berjudul "EKSKLUSIF: Percakapan Terakhir Laskar FPI sebelum Tewas (Part 2) | Mata Najwa" pada 16 Desember 2020.

"Anggota Laskar FPI merekam percakapan terakhirnya dengan rekannya yang menumpang mobil Chevrolet Spin.

Para Laskar FPI di mobil itulah yang kemudian dinyatakan pihak kepolisian diamankan anggotanya, namun karena melawan, aparat kepolisian menembak mereka," deskripsi video tersebut.

Kesimpulan

Suara dalam video tersebut merupakan suara Laskar FPI sebelum meregang nyawa pada Desember 2020. Bukan suara Brigadir J yang sedang disiksa.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://vt.tiktok.com/ZSRrQKc8v/?k=1
https://www.youtube.com/watch?v=FxpNzTcn0vY

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini