CEK FAKTA: Hoaks PT KAI Lakukan Tes Masuk Pramugari dengan Modus Kirim Video

Rabu, 18 November 2020 13:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks PT KAI Lakukan Tes Masuk Pramugari dengan Modus Kirim Video KA Ranggajati Jember-Cirebon. ©2020 Humas PT KAI Daop 9 Jember

Merdeka.com - Beredar sebuah akun Instagram mengatasnamakan recruitment Kereta Api Indonesia (KAI), @recruitmentkai. Akun Instagram tersebut sudah memiliki 2.257 pengikut. Salah satu korban membagikan tangkapan layar percakapan dengan akun tersebut.

hoaks modus kirim video sebagai tes masuk pt kai

Kominfo

Dalam tangkapan layar itu, terlihat akun @recruitmentkai meminta korbannya untuk membuat video beberapa bagian tubuh, sebagai bukti tidak ada luka di pundak kanan, pundak kiri dan perut.

Penelusuran

Penjelasan terkait modus akun Instagram @recruitmentkai yang meminta video beberapa bagian tubuh adalah hoaks. Dikutip dari akun Twitter resmi KAI, @KAI121, ditegaskan bahwa akun Instagram @recruitmentkai bukanlah akun resmi PT KAI.

"Selamat sore. Mohon maaf, PT KAI hanya memiliki akun resmi Instagram @KAI121_ dan @keretaapikita. Informasi seputar rekrutmen tersedia pada website http://recruitment.kai.id atau layanan Contact Center 121/021-121, email cs@kai.id, sosial media Twitter dan Facebook @KAI121. Trims."

Kemudian dalam artikel kompas.com berjudul "Dugaan Penipuan Modus Rekrutmen KAI, Ditawari Jadi Pramugari Kereta, Syarat Kirim Video Perlihatkan Bagian Tubuh" pada 16 November 2020, pihak PT KAI meminta masyarakat waspada dengan tawaran oknum yang mengatasnamakan KAI.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengingatkan bahwa rekrutmen PT KAI hanya diumumkan melalui website resmi KAI di recruitment.kai.id

“Jika menemukan info rekrutmen yang tidak bersumber dari situs tersebut agar dapat mengabaikannya,” ujar Joni dihubungi Kompas.com, Minggu (15/11/2020).

Joni melanjutkan dalam proses rekrutmen, KAI tidak memungut biaya sepeserpun baik uang muka, uang tanda jadi, penggantian biaya akomodasi maupun biaya-biaya lain.

Selain itu pihaknya menekankan, tidak ada interview secara online yang disertai pengiriman video untuk menunjukkan bagian tubuh apapun dalam proses rekrutmen.

Dalam postingan yang dibagikan Maria, akun resmi Kereta Api Indonesia juga memberikan jawabannya.

“Selamat sore. Mohon maaf, PT KAI hanya memiliki akun resmi Instagram @KAI121_ dan @keretaapikita. Informasi seputar rekrutmen tersedia pada website http://recruitment.kai.id atau layanan Contact Center 121/021-121, email cs@kai.id, sosial media Twitter dan Facebook @KAI121. Trims.” tulis akun resmi KAI.

Terkait dengan adanya aksi dugaan penipuan dengan modus Rekrutmen KAI ini, Joni mengimbau supaya masyarakat lebih jeli dan teliti apabila mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen.

“Jangan mudah tertarik dan waspada akan segala bentuk kemudahan yang ditawarkan untuk menjadi pegawai dari oknum yang mengatasnamakan KAI,” ujarnya.

Selain itu, KAI juga mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada pihak kepolisian dan tidak meneruskan/menyebarkan pesan tentang pengumuman rekrutmen KAI yang terindikasi palsu untuk menghindari semakin banyaknya orang yang tertipu oleh oknum pembuat rekrutmen palsu tersebut.

Kesimpulan

Informasi tes untuk lamaran pekerjaan posisi pramugari di PT KAI dengan mengirim video beberapa bagian tubuh adalah hoaks. PT KAI tidak pernah melakukan tes seperti itu.

Kemudian akun Instagram @recruitmentkai, yang melakukan modus seperti itu, bukanlah akun resmi milik PT KAI.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini