CEK FAKTA: Hoaks Presiden Jokowi Sudah Tak laku Karena Tidak Ada yang Minta Salaman

Senin, 31 Agustus 2020 13:31 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Presiden Jokowi Sudah Tak laku Karena Tidak Ada yang Minta Salaman Peresmian Bandara YIA. ©Instagram/@bandarayogyakarta

Merdeka.com - Beredar tangkapan layar judul berita "Presiden Joko Widodo ke Yogyakarta, Tak Ada Lagi yang Minta Salaman dan Selfie". Berita tersebut diterbitkan apda 28 Agustus 2020.

tangkapan layar judul berita di facebook

Facebook

Tangkapan layar itu diunggah oleh akun Facebook Ar dengan keterangan:

"SUDAH TAK LAKU LAGI
RAKYAT SUDAH SADAR .. NI ORANG PEMBAWA BAHLA"

Penelusuran

Penjelasan terkait tangkapan layar judul berita tersebut dijelaskan dalam artikel Tempo.co berjudul "Presiden Joko Widodo ke Yogyakarta, Tak Ada Lagi yang Minta Salaman dan Selfie" pada 28 Agustus 2020.

Dalam artikel Tempo.co, dijelaskan bahwa saat itu Presiden Joko Widodo sedang memenuhi sejumlah agenda di antaranya meresmikan Bandara Yogyakarta International Airport atau YIA serta acara di Gedung Agung Yogyakarta.

Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara YIA di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, pada pukul 09.15 WIB. Setelah itu, rombongan bertolak ke Istana Gedung Agung Yogyakarta. Di sana Presiden Jokowi menyerahkan Bantuan Presiden atau Banpres Produktif Usaha Mikro kepada perwakilan masyarakat.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, turut mendampingi sejumlah agenda Presiden Joko Widodo tadi. Suasana kunjungan Presiden Jokowi di Istana Gedung Agung Yogyakarta yang berada di kawasan wisata Malioboro terasa cukup berbeda dibanding sebelumnya, terutama sebelum pandemi Covid-19.

Jika sebelumnya masyarakat selalu menyemut di seputaran Gedung Agung untuk menyambut, sekadar melihat, atau berusaha mendekat untuk bersalaman hingga selfie bersama Presiden Joko Widodo, kali ini suasana kawasan itu benar-benar lengang. Kunjungan Presiden Jokowi tak sampai membuat jalan depan Istana Gedung Agung Yogyakarta ditutup dan penjagaan juga tak terlalu ketat. Namun hampir tak ada orang yang mendekati Gedung Agung.

Belum ada informasi apakah di sela kunjungan kali ini Presiden Joko Widodo akan berjalan-jalan di seputaran Malioboro seperti kedatangan sebelumnya. Saat bertandang ke Yogyakarta, Presiden Jokowi pernah berbelanja batik, kaos, dan naik andong. Pada kunjungan Presiden Joko Widodo kali ini, lalu lintas di Malioboro cukup lengang. Padahal sepanjang Agustus 2020 ini, wisatawan sudah mulai memadati kawasan Malioboro pada siang maupun malam.

Para pedagang di Pasar Beringharjo tetap beraktivitas seperti biasa dan obyek wisata, seperti Benteng Vredeburg di seberang Istana Gedung Agung juga dikunjungi wisatawan, meski jumlahnya masih sedikit. "Museum tetap buka seperti biasa, hanya libur pada Sabtu, Minggu, dan Senin," ujar Anggoro, seorang penjaga Benteng Vredeburg.

Kesimpulan

Unggahan tangkapan layar judul berita "Presiden Joko Widodo ke Yogyakarta, Tak Ada Lagi yang Minta Salaman dan Selfie" dan dikaitkan Presiden Jokowi yang tak laku lagi adalah hoaks.

Dalam badan berita dijelaskan bahwa kondisi Yogyakarta memang berbeda sebelumnya, terutama sebelum pandemi Covid-19.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini