CEK FAKTA: Hoaks Presiden Jokowi Mendukung Paslon Nomor Urut 1 Pilkada Malaka

Rabu, 9 Desember 2020 14:16 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Presiden Jokowi Mendukung Paslon Nomor Urut 1 Pilkada Malaka Hoaks Presiden Jokowi Mendukung Paslon Nomor Urut 1 Pilkada Malaka. ©Facebook

Merdeka.com - Beredar gambar Presiden Jokowi dengan pose 1 jari jempol diklaim mengajak untuk mendukung paslon nomor urut 1, Simon Nahak-Louise Lucky Taolin (SN-KT), di Pilkada Malaka 2020.

Gambar tersebut diunggah akun Facebook bernama Erwi Klau pada 5 Desember 2020 dan membagikan ke dalam grup MALAKA MEMILIH 2021-2026.

hoaks presiden jokowi mendukung paslon nomor urut 1 pilkada malaka
©Facebook

Foto Jokowi dengan pose 1 jari jempol disertai dengan ucapan kalimat; "Saya mengajak kita semuanya, marilah, utamanya anak muda, pengusaha muda, mari hijrah dari pesimisme keoptimisme. Dari konsumtif ke produktif, salam satu Jempol."

Penelusuran

Penelusuran gambar Presiden Jokowi dengan pose 1 jari jempol melalui Yandex, foto Jokowi dengan pose 1 jari jempol tersebut telah beredar sejak tahun 2018.

Foto identik ditemukan salah satunya dalam artikel artikel berita kompas.com yang berujudul "Jokowi Perkenalkan Salam Jempol..." diunggah pada 28 Oktober 2018.

hoaks presiden jokowi mendukung paslon nomor urut 1 pilkada malaka
©Kompas.com

Foto tersebut diberi keterangan Presiden Joko Widodo saat menghadiri Rakernas Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf di Hotel Empire Palace Surabaya, Jawa Timur, Minggu (28/10/2018)

Sementara itu, dilansir dari Detik.com kalimat lengkap Presiden Jokowi seperti yang ada digambar adalah sebagai berikut:

Adapun kalimat lengkap yang diucapkan Jokowi saat itu, dikutip dari detik.com,

“Saya mengajak kita semuanya, marilah, utamanya anak muda, pengusaha muda, mari hijrah dari pesimisme ke optimisme. Dari konsumtif ke produktif, dari marah-marah ke yang sabar, yang marah-marah hijrah ke yang sabar. Sabar tapi kerja keras, ciri-ciri pengusaha muda di situ. Hijrah dari senang perpecahan ke persatuan Hijrah dari senang monopoli ke kompetisi, ini ciri-ciri kemajuan. Jangan senang diberi fasilitas dan hak monopoli, nggak akan maju. Terakhir dari individualistik ke kolaboratif, kerja sama-sama.”

Kesimpulan

Foto Presiden Jokowi dengan pose 1 jari jempol yang mengajak untuk mendukung paslon nomor urut 1, Simon Nahak-Louise Lucky Taolin (SN-KT), di Pilkada Malaka adalah tidak benar.

Foto itu adalah saat Presiden Jokowi saat menghadiri Rakernas Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf di Hotel Empire Palace Surabaya, Jawa Timur, Minggu (28/10/2018)

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini