CEK FAKTA: Hoaks Poster Pernyataan Buya Syafii Setuju Omnibus Law

Jumat, 16 Oktober 2020 15:39 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Poster Pernyataan Buya Syafii Setuju Omnibus Law Buya Syafii Maarif. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar sebuah poster pernyataan Buya Syafii terkait pengesahan UU Cipta Kerja atau Omnibus Law di media sosial. Dalam poster tersebut, Buya Syafii menyebut bahwa Omnibus Law itu baik, hanya kurang sosialisasi.

hoaks pernyataan buya syafii soal omnibus law

Kominfo

"UU CIPTA KERJA BISA MENGURANGI KETIMPANGAN Sosial

Omnibus Law itu kan baik, tapi yang kurang adalah sosialisasinya. Ketimpangan sosial ini akan masih cukup tajam, Jadi kita berharap supaya ini dijelaskan ke pada masyarakat. Jadi tidak timbul diskusi yang liar dalam masyarakat, pro-kontra yang sebenarnya tidak perlu. Menghabiskan energi kita."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, poster yang menyebutkan nama Buya Syafii adalah hoaks. Dalam artikel detik.com berjudul "Ramai Poster Buya Syafii Dukung Omnibus Law di Medsos, Ini Faktanya" pada 14 Oktober 2020, dijelaskan bahwa pernyataan dalam poster bukan pernyataan dari Buya Syafii.

Saat dimintai konfirmasi, orang dekat Buya Syafii Maarif, Erik Tauvani, mengatakan bahwa Buya tidak pernah mengeluarkan kalimat seperti itu.

"Jadi itu bukan kalimat dari Buya. Kemarin saya sudah WA (WhatsApp) Buya untuk menanyakan gambar itu, karena di situ saya sendiri sudah curiga sejak awal," kata Erik saat dihubungi wartawan, Rabu (14/10/2020).

Erik sejak awal sudah curiga jika kalimat dalam poster itu bukanlah kalimat Buya. Kecurigaannya itu karena tidak dicantumkannya tanggal, bahasa yang digunakan bukan bahasa 'Buya' dan teknis penulisannya salah.

"Karena di gambar itu tidak dicantumkan sumber tanggal. Dari bahasa yang digunakan nggak Buya banget dan beberapa teknis penulisannya salah," jelasnya.

"Seperti kata kepada itu dipisah ke pada dan itu dua kali di satu kalimat. Dan itu saya sudah berpikir sejak awal kalau itu bukan Buya kemudian saya WA Buya dan Buya mempertegas itu bukan kalimat dari Buya," tegasnya.

Erik pun baru mengetahui tersebarnya poster itu kemarin sore. Hingga saat ini ia belum bisa memastikan langkah apa yang akan ditempuh Buya karena namanya dicatut.

"Kemarin sore tiba-tiba tanya saya dan saya tidak tahu kok tiba-tiba setelah itu secara cepat menyebar. Saya belum dapat (untuk langkah selanjutnya)," ucapnya.

Untuk saat ini, menurut Erik, Buya masih fokus pada penanganan Corona. "Buya itu sebetulnya fokus ke penanganan COVID-19 dan mengkritisi penanganan Pilkada di tengah pandemi ini," pungkasnya.

Kesimpulan

Poster pernyataan Buya Syafii tentang Omnibus Law adalah hoaks. Buya Syafii tidak pernah membuat pernyataan seperti itu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini