CEK FAKTA: Hoaks Poster dan Poling Konvensi Capres NU 2024

Senin, 7 Juni 2021 13:35 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Poster dan Poling Konvensi Capres NU 2024 Hoaks Poster dan Poling Konvensi Capres NU 2024. nu.or.id

Merdeka.com - Beredar poster dan poling online terkait Konvensi Capres NU 2024 beserta nama dan foto 13 tokoh di lingkungan NU. Dalam poster tersebut tertulis penyelenggara konvensi adalah Tim Sembilan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Adapun poling diadakan situs polingkita.com.

Beberapa nama dan gambar tokoh dalam poster digital yang tidak jelas sumbernya itu adalah KH Said Aqil Siroj, Khofifah Indar Parawansa, Abdul Muhaimin Iskandar, Yenny Wahid, As’ad Said Ali, Mahfud MD, Ida Fauziyah, Wahidudin Adam, Nasaruddin Umar, Andi Jamaro Dulung, Ali Masykur Musa, Nusron Wahid, dan Yaqut Cholil Qoumas.

Penelusuran

Hasil penelusuran merdeka.com, melansir dari situs NU, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBNU H Andi Najmi Fuaidi menegaskan poster terkait Konvensi Capres NU 2024 adalah hoaks.

"Itu (poster dan poling) hoaks. Saya pastikan tidak ada tim sembilan dari PBNU untuk konvensi Capres NU 2024," tegasnya pada Rabu (2/6).

Ditegaskan pula bahwa agenda Konvensi Capres NU 2024 itu tidak akan pernah terjadi selama tidak ada perubahan putusan dari Muktamar tentang posisi NU sebagai jamiyah diniyah ijtimaiyah (organisasi keagamaan dan kemasyarakatan).

Andi juga mengatakan NU masih teguh memegang khittah, bukan lembaga politik, tidak pula berpolitik praktis.

"NU ini organisasi sosial keagamaan yang bergerak di bidang keagamaan, pendidikan, dan sosial. Demikian kalau kita mau mengacu pada putusan Muktamar terakhir yang tidak diubah. Itu ada di dalam anggaran dasarnya. Secara organisasi seperti itu," kata Andi.

Kesimpulan

Poster terkait Konvensi Capres NU 2024 adalah hoaks. Wasekjen PBNU H Andi Najmi Fuaidi menegaskan tidak ada tim sembilan dari PBNU untuk konvensi Capres NU 2024.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.nu.or.id/post/read/129196/poster-dan-poling-konvensi-capres-nu-2024-pbnu-itu-hoaks [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. PBNU
  4. Capres 2024
  5. Hoaks
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini