CEK FAKTA: Hoaks Polda Metro Jaya Lakukan Razia Masker di Jabodetabek

Senin, 31 Agustus 2020 11:18 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Polda Metro Jaya Lakukan Razia Masker di Jabodetabek Razia masker di Tamansari Jakbar. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Informasi razia masker serentak di Jabodetabek beredar di aplikasi percakapan WhatsApp. Informasi itu menyebutkan bahwa razia masker akan dilakukan Polda Metro Jaya. Jika tidak menggunakan masker, akan didenda Rp250.000.

hoaks polda metro jaya razia masker

Kominfo

"AssalamualaikumJust info! Dari lantas Polda Metro Jayabesok ada razia masker serentak di wilayah Jabodetabek dan melibatkan langsung turun lapangan dari semua lintas sektor, kejaksaan, polisi dan lain-lain. Kalau ada yang tidak pakai masker langsung ditindak bayar di tempat Rp250 ribu. Tolong infokan ke keluarga,tetangga dan teman semua ya. Jangan sampai kena denda. Wasalam."

Penelusuran

Penjelasan terkait informasi tersebut, dijelaskan dalam artikel liputan6 berjudul "Cek Fakta: Tidak Benar Polda Metro Jaya Bakal Gelar Razia Masker Serentak di Jabodetabek" pada 30 Agustus 2020.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan menghubungi Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Dia pun menegaskan informasi itu tidak benar.

"Informasi itu tidak benar alias hoaks," ujarnya saat dihubungi Minggu,(30/8/2020).

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com juga melihat akun Twitter resmi TMC Polda Metro Jaya yang sudah terverifikasi atau bercentang biru, @TMCPoldaMetro.

Dalam cuitannya pada Sabtu (29/8/2020) juga disebut informasi itu tidak benar. "Pemberitaan ini tidak benar adanya."

Meski begitu, DKI Jakarta sudah menerapkan denda bagi yang tidak menggunakan masker sebesar Rp250.000. Informasi tersebut dijelaskan dalam artikel Kompas.com berjudul "Denda Progresif bagi Warga di Jakarta yang Tak Pakai Masker, Apakah Efektif Kendalikan Covid-19?" pada 21 Agustus 2020.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meneken Peraturan Gubernur Nomor 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya dan Pengendalian Covid-19.

Di dalamnya, diatur denda progresif bagi setiap warga, pelaku usaha, dan penanggung jawab fasilitas umum yang berungkali melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Setiap warga wajib mengenakan masker jika beraktivitas di luar ruangan, berinteraksi dengan orang lain, dan saat menggunakan kendaraan umum.

Warga yang tidak memakai masker, dapat dikenai sanksi administratif sebesar Rp 250.000 atau kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum mengenakan rompi selama satu jam.

Jika kembali melakukan pelanggaran, maka yang bersangkutan bisa dikenai sanksi sebesar Rp 500.000 atau kerja sosial membersihkan fasilitas umum mengenakan rompi selama dua jam.

Pelanggaran tak mengenakan masker sebanyak tiga kali atau lebih, dikenai sanksi sosial membersihkan fasilitas umum memakai rompi selama empat jam atau denda sebesar Rp 1 juta.

Kesimpulan

Informasi razia masker yang dilakukan Polda Metro Jaya di Jabodetabek adalah hoaks. Pihak Dirlantas Polda Metro Jaya membantah informasi tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini