CEK FAKTA: Hoaks, Penyebab Gangguan WhatsApp, Instagram dan FB Karena Kapal Selam AS

Senin, 11 Oktober 2021 17:01 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks, Penyebab Gangguan WhatsApp, Instagram dan FB Karena Kapal Selam AS Ilustrasi WhatsApp. © Deccan Chronicle

Merdeka.com - Sebuah informasi menyebut gangguan jaringan WhatsApp, Instagram dan Facebook beberapa waktu lalu karena kabel sinyal internet di bawah laut ditabrak kapal selam Amerika Serikat. Gangguan dirasakan pada Senin, 4 Oktober 2021 malam.

hoaks penyebab gangguan wa ig dan fb karena kapal selam as
Kominfo

Pengunggah informasi menyebutkan kapal selam Amerika Serikat tidak sengaja menabrak kabel di Jakarta pada pukul 06.54. Sehingga perlu perbaikan selama sepekan.

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, informasi tersebut adalah hoaks.

Dalam artikel liputan6.com berjudul "Facebook Ungkap Penyebab Layanannya, WhatsApp, dan Instagram Down Bersamaan" pada 5 Oktober 2021, dijelaskan penyebab gangguan bukan karena ditabrak kapal.

"Tim engineering kami mengetahui, perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan antara data center kami menyebabkan masalah yang menganggu komunikasi ini," kata tim Facebook.

Disebutkan pula, "Gangguan pada lalu lintas ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami."

Kini, menurut Facebook layanan mereka telah kembali online. "Kami secara aktif bekerja untuk mengembalikannya sepenuhnya ke operasi reguler."

Tim Engineering Facebook juga menegaskan, akar penyebab Facebook, WhatsApp, dan Instagram down adalah adanya perubahan konfigurasi yang salah.

Kesimpulan

Informasi penyebab gangguan WhatsApp, Instagram dan Facebook karena kabel penyambung ditabrak kapal selam Amerika Serikat adalah hoaks. Penyebab gangguan karena perubahan konfigurasi yang salah.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini