CEK FAKTA: Hoaks Pengumuman Pabrik Tak Beroperasi Karena Bos Mogok Usaha

Selasa, 13 Oktober 2020 11:39 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Pengumuman Pabrik Tak Beroperasi Karena Bos Mogok Usaha tangkapan layar informasi penutupan pabrik di twitter. Twitter

Merdeka.com - Sebuah foto yang disebut-sebut pengumuman pabrik yang sudah tidak beroperasi di media sosial. Dalam foto tersebut, ada papan pengumuman yang berisi pemberitahuan bahwa pabrik sudah tidak beroperasi untuk waktu yang tidak ditentukan karena para pimpinan sudah mogok kerja.

tangkapan layar informasi penutupan pabrik di twitter

Twitter

"PENGUMUMAN PABRIK TIDAK BEROPERASI SAMPAI BATAS WAKTU YANG TIDAK DITENTUKAN !!! PARA BOSS SEDANG MOGOK USAHA DAN BERLIBUR KE KUTUB UNTUK MENDINGINKAN OTAK…. TTD SEKURITI"

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, foto penutupan pabrik yang beredar adalah hoaks. Dalam artikel Turnbackhoax berjudul "[SALAH] Foto “Pengumuman Pabrik Tidak Beroperasi”" pada 10 Oktober 2020, dijelaskan bahwa foto tersebut merupakan hasil editan.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya foto yang memperlihatkan papan pengumuman yang berisi pemberitahuan pabrik tidak beroperasi sampai batas waktu yang tidak ditentukan karena para bos sedang mogok usaha adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto pengumuman tersebut adalah foto hasil editan atau suntingan. Pada foto asli hanya terdapat tulisan “DIRECTORY LOKASI PEMAKAMAN”. Pos keamanan di foto itu adalah pos Pos Satpam San Diego Hills Memorial Park and Funeral Homes yang merupakan sebuah kompleks pemakaman milik swasta di Karawang, Jawa Barat.

tangkapan layar informasi penutupan pabrik di twitter

Turnbackhoax

Foto asli, salah satunya diunggah di situs brigadenews.co.id pada 11 Juni 2020 di artikel berjudul “Patroli Antisipasi C3 Polsek Telukjambe Barat Sambangi Pos Security”

Dikutip dari artikel tersebut, foto itu adalah kegiatan Patroli antisipasi C3, sosialisasi & cek kesiapan protokol kesehatan kepada Security Sandiego Hills Desa Margakaya diwilayah hukum polsek Telukjambe Barat kab. Karawang oleh Personil Polsek Telukjambe Barat Polres Karawang Polda Jabar Aiptu Yusuf Soepardi dan Bripda Egi. Rabu (10/6/2020).

Foto kegiatan patroli tersebut pada waktu dan sudut pengambilan foto yang berbeda diunggah di situs mediapurnapolri.net pada 1 Agustus 2020 dengan judul “PIKET POLSEK TELUKJAMBE BARAT PATROLI HIMBAU SECURITY DI PEMAKAMAN SANDIEGO HILL”

Kesimpulan

Sebuah foto pengumuman pabrik yang tidak beroperasi karena bos mogok usaha adalah hoaks. Foto tersebut merupakan hasil editan dari foto awal, yakni kegiatan Patroli antisipasi C3, sosialisasi & cek kesiapan protokol kesehatan kepada Security Sandiego Hills, Karawang, Jawa Barat.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini