CEK FAKTA: Hoaks Pengendara yang Memakai Masker Scuba Akan Jalani Swab dan Denda

Jumat, 2 Oktober 2020 12:31 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Pengendara yang Memakai Masker Scuba Akan Jalani Swab dan Denda masker scuba dan buff. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Informasi bagi pengendara yang memakai masker scuba akan dilakukan swab tes dan denda di Bulak Rukem, Surabaya beredar di media sosial Facebook. Informasi tersebut juga disertai foto keramaian di pinggir jalan.

hoaks pengguna masker scuba akan di swab dan denda
turnbackhoax

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel Turnbackhoax.id berjudul "[SALAH] “razia yang pakai masker scuba kena swab dan denda”" pada 2 Oktober 2020, dijelaskan bahwa tidak ada denda bagi pengendara yang memakai masker scuba.

Faktanya, Kapolsek Kenjeran Kompol Esti Setija Oetami menyatakan tidak ada pelarangan masker scuba di Bulak Rukem, Surabaya. Selama operasi berlangsung, tidak ada pemberlakuan denda kepada pengguna masker scuba. Mereka hanya diberi sosialisasi atau pengarahan.

Esti Setija Oetami menyatakan bahwa foto yang beredar tersebut merupakan operasi serentak tiga pilar yang diselenggarakan pada Rabu (23/9). Selain bertujuan menegakkan protokol kesehatan, operasi itu disertai rapid test masal yang diadakan gratis oleh Pemkot Surabaya.

”Hoax ya. Tidak ada pelarangan scuba. Itu penegakan protokol kesehatan sekaligus rapid antigen masal dan gratis,” katanya kemarin.

Menurut mantan Kapolsek Rungkut tersebut, Pemkot Surabaya tidak melarang penggunaan masker scuba. Selama operasi berlangsung, tidak ada pemberlakuan denda kepada pengguna masker scuba. Mereka hanya diberi sosialisasi atau pengarahan.

”Kalau pakai masker scuba, sebaiknya ada lapisan tambahan. Bisa pakai tisu atau masker medis seperti petugas tiga pilar lainnya yang memakai masker scuba,” tuturnya. Dia berharap masyarakat lebih selektif ketika menerima informasi agar ke depannya tidak terjadi misinformasi.

Kesimpulan

Informasi pengendara yang memakai masker scuba akan di swab dan didenda adalah hoaks. Pihak kepolisian setempat menegaskan tidak ada denda maupun larangan memakai masker scuba, hanya diberi sosialisasi atau pengarahan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini