CEK FAKTA: Hoaks Penampakan Chemtrails di Depok, Cirebon, Sumedang, hingga Aceh

Jumat, 26 November 2021 15:36 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Penampakan Chemtrails di Depok, Cirebon, Sumedang, hingga Aceh Ilustrasi cuaca panas. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Pakhnyushcha

Merdeka.com - Beredar video yang disebut sebagai penampakan chemtrails di Depok, Cirebon, Sumedang, Indramayu, Semarang, Brebes hingga Aceh. Dalam unggahan menampilkan foto garis putih seperti awan yang diklaim sebagai chemtrails.

Penampakan chemtrails dikaitkan dengan beberapa warga yang terkena batuk dan flu. Chemtrails adalah bahan kimia yang sengaja disebar menggunakan pesawat pada ketinggian.

hoaks penampakan chemtrails di depok cirebon sumedang hingga aceh
Kominfo

Penelusuran

Melansir dari laporan hoaks Kominfo, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menegaskan bahwa itu adalah hoaks.

Dia menjelaskan bahwa fenomena jejak putih di langit seperti yang terlihat pada video-video yang disebarkan itu dikenal dengan nama jejak kondensasi pesawat terbang atau condensation trail (contrails), bukan chemtrails.

"Ini merupakan hasil dari pengembunan udara dengan kadar air tinggi yang bergesekan dengan mesin pesawat. Ada juga yang menyebutnya dengan vapor trails tapi jika bentuknya mulai berpendar atau melebar seperti awan biasa juga disebut dengan aviaticus cloud," katanya dikutip dari Kompas.

Kesimpulan

Kesimpulannya jejak putih di langit bukan penampakan dari chemtrails. Melainkan, jejak kondensasi pesawat terbang atau condensation trail (contrails), bukan chemtrails.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kominfo.go.id/content/detail/38337/hoaks-penampakan-chemtrails-di-depok-cirebon-sumedang-indramayu-semarang-brebes-hingga-aceh/0/laporan_isu_hoaks [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Hoaks
  4. Aceh
  5. Depok
  6. Virus
  7. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini