CEK FAKTA: Hoaks Pelaku Pembakaran Bendera Adalah Simpatisan PDIP

Senin, 29 Juni 2020 18:21 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Pelaku Pembakaran Bendera Adalah Simpatisan PDIP Kampanye PDIP. ©2014 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Beredar informasi bahwa bendera Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dibakar oleh simpatisan PDIP itu sendiri. Informasi tersebut beredar di media sosial Facebook, salah satunya akun Facebook Jimmy Back.

hoaks pelaku pembakaran bendera adalah simpatisan pdip

Facebook

Kemudian, akun Facebook Jimmy Back juga mengunggah gambar yang disebut-sebut dari media CNN Indonesia.

"Hayoo usut pak pol siapa yg bakar Bendera Mak Banteng,,
Eyyaa kirain siapa yang bakar Bendera PDIP di aksi Bela RUU HIP Di Didepan Gedung DPR-MPR-RI
rupa nya Anak Buah nya juga ,,,??
Permainan lu pade kurang Cantik Boos".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, tidak ditemukan artikel CNN Indonesia yang menyebutkan bahwa "pembakar bendera PDI-P ternyata adalah anggota simpatisan PDI-P sendiri yg menyamar ikut aksi tolak RUU HIP".

Kemudian dalam artikel merdeka.com berjudul "Polisi Pastikan Profesional Tangani Kasus Pembakaran Bendera PDIP" pada 26 Juni 2020, dijelaskan bahwa hingga saat ini pelaku pembakaran bendera PDIP belum diketahui.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyatakan pihaknya akan bertindak secara profesional usai adanya aduan dari pihak yang merasa dirugikan.

"Polisi akan melakukan penyelidikan secara profesional. Kita akan memeriksa barang bukti, saksi, sesuai SOP yang ada. Laporan semua yang masuk ke kepolisian akan ditindaklanjuti," kata Argo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (26/6).

Argo menyerahkan penanganan kasus tersebut kepada penyidik sebagaimana perkara lainnya yang masuk ke kepolisian. Sejauh ini, belum ada upaya pemanggilan sejumlah pihak yang terlibat atas peristiwa itu.

"Setelah menerima laporan, penyidik akan mendalami dan meminta keterangan pelapor, saksi-saksi baru akan kita lakukan pemeriksaan," jelas dia.

PDIP menempuh jalur hukum terhadap pembakaran bendera partai. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, serangan tersebut memiliki tujuan untuk mengganggu pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Serangan ke PDI Perjuangan punya tujuan lebih jauh, mengganggu pemerintahan Pak Jokowi. Untuk itu PDI Perjuangan menegaskan bahwa dialog dan musyawarah kita kedepankan, namun jangan uji kesabaran revolusioner kami," ujar Hasto.

Kesimpulan

Adanya klaim pelaku pembakaran bendera PDIP adalah simpatisan PDIP itu sendiri adalah tidak benar. Hingga saat ini pelaku pembakaran belum diketahui.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini