CEK FAKTA: Hoaks Pebalap Ini Lompat ke Danau di Sirkuit Mandalika Usai Balapan

Rabu, 24 November 2021 15:12 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Pebalap Ini Lompat ke Danau di Sirkuit Mandalika Usai Balapan Hoaks Pebalap Ini Lompat ke Danau di Sirkuit Mandalika Usai Balapan. ©2021 Merdeka.com/ANTARA

Merdeka.com - Beredar video singkat yang menampilkan pebalap profesional berlari dan lantas melompat ke danau usai balapan. Peristiwa ini diklaim terjadi di Sirkuit Mandalika.

Berikut narasi yang disematkan dalam unggahan itu:
"habis Balapan auto renang Mandalika"

Penelusuran

Setelah ditelusuri melansir dari ANTARA, video tersebut bukan terjadi di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, pada November 2021.

Unggahan video itu merupakan cuplikan tayangan dari perayaan kemenangan pebalap MotoGP Jorge Lorenzo di Sirkuit Jerez, Spanyol pada 2010.

Usai memenangkan seri di MotoGP Jerez 2010, pebalap pabrikan Yamaha itu langsung berlari ke arah danau yang ada tidak jauh dari sirkuit.

Cuplikan video serupa juga dapat dilihat di kanal resmi YouTube MotoGP. Pada menit ke-10 dan detik ke-25, tampak Lorenzo memegang bendera perlombaan di tepi sirkuit.

Tidak lama, dia berlari ke arah rekan-rekan satu timnya, lantas berlari ke arah danau dan menceburkan diri di sana.

Kesimpulan

Dengan demikian, unggahan yang menyebut pebalap di Sirkuit Mandalika berenang di danau kabar bohong atau hoaks. Faktanya, peristiwa itu adalah perayaan kemenangan pebalap MotoGP Jorge Lorenzo di Sirkuit Jerez, Spanyol pada 2010.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.antaranews.com/berita/2542041/hoaks-pebalap-di-sirkuit-mandalika-berenang-setelah-perlombaan [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini