CEK FAKTA: Hoaks Panglima TNI dipecat Karena Insiden KRI Nanggala

Senin, 3 Mei 2021 15:03 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Panglima TNI dipecat Karena Insiden KRI Nanggala Panglima TNI Marsekal Hadi soal renovasi Museum Satria Mandala. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Video Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dipecat karena insiden tenggelamnya KRI Nanggala-402 beredar di media sosial.

Video tersebut berjudul "NASIBNYA BERAKHIR...!!! PANGLIMA TNI DIPECAT. DETIK** PEMECATAN KARENA KRI NANGGALA TENGGELAM."

hoaks panglima tni dipecat
Istimewa

Penelusuran

Hasil penelusuran, terkait informasi pemecatan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto adalah tidak benar. Tidak ditemukan pemberitaan terkait pemecatan Panglima TNI akibat insiden tenggelamnya KRI Nanggala-402.

Dalam video berdurasi 10 menit 7 detik itu, tidak ada narasi atau informasi Panglima TNI dipecat. Dilansir cnnindonesia.com, Panglima TNI mendapatkan perintah khusus dari Presiden Joko Widodo terkait musibah tenggelamnya KRI Nanggala 402.

Jokowi menyampaikan negara memberi Bintang Jalasena kepada 53 awak KRI Nanggala 402. Pemerintah juga memberi kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada mereka.

Selain itu, ia menjanjikan jaminan biaya pendidikan bagi seluruh anak dari awak KRI Nanggala 402 hingga sarjana. Dia juga menyebut pemerintah akan memberi rumah bagi keluarga awak kapal.

Jokowi memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan KSAL Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatur mekanisme pelaksanaan bantuan-bantuan tersebut.

Kemudian dilansir dari ANTARA, pada Jumat, 30 April 2021 Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto diketahui masih memimpin upacara penyerahan jabatan Komandan Sekolah Komando (Dansesko) TNI dan Komandan Komando Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI. Upacara itu dilaksanakan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Selain itu, video pemecatan Panglima TNI telah dihapus dari YouTube.

Kesimpulan

Video Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dipecat adalah tidak benar. Faktanya, Panglima TNI masih memimpin upacara penyerahan jabatan Komandan Sekolah Komando (Dansesko) TNI dan Komandan Komando Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI. Upacara itu dilaksanakan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.antaranews.com/berita/2131342/panglima-tni-pimpin-penyerahan-jabatan-dansesko-dan-dankodiklat-tni
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210429111505-20-636334/temui-keluarga-awak-kri-nanggala-402-jokowi-janjikan-rumah
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/0k8RqAWN-cek-fakta-panglima-tni-dipecat-ini-faktanya [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini