CEK FAKTA: Hoaks MUI Mendukung ISIS

Selasa, 4 Mei 2021 16:13 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks MUI Mendukung ISIS Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). ©REUTERS

Merdeka.com - Informasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung ISIS beredar di media sosial Facebook. Informasi itu juga menyerukan pembubaran MUI karena mendukung kelompok teroris tersebut.

hoaks mui dukung isis
turnbackhoax

"KITA VIRALKAN PEMBUBARAN MUI, KARENA MUI ITU Mendukung Urusan ISIS..!"

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi MUI mendukung ISIS adalah hoaks. Dalam artikel merdeka.com berjudul "MUI tegaskan ISIS haram!" pada 7 Agustus 2014 dijelaskan bahwa MUI tidak mendukung ISIS.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) adalah sesuatu yang haram. Hal itu lantaran ISIS merupakan gerakan radikal yang mengatasnamakan Islam di Irak dan Suriah tidak mengedepankan watak Islam yang memberikan rahmat bagi alam semesta (Rahmatan lil 'alamin).

"Apa yang dilakukan oleh ISIS itu haram, jadi kalau bergabung itu sama saja menjalankan hal yang haram," ujar Ketua MUI Din Syamsudin di kantornya, Kamis (7/8).

Din menambahkan, seluruh ormas dan lembaga Islam di Indonesia juga menolak keberadaan gerakan ISIS. "ISIS sangat potensial memecah belah persatuan umat Islam dan menggoyahkan NKRI berdasarkan Pancasila," tuturnya.

Atas dasar itu, MUI menyerukan kepada seluruh umat Islam agar tidak terhasut oleh agitasi dan provokasi ISIS untuk menjelmakan cita-cita mereka. MUI juga mengingatkan kepada ormas, masjid, musala dan keluarga Muslim untuk meningkatkan kewaspadaan dari gerakan ISIS.

"Kita harus berupaya mangkal berkembangnya gerakan ISIS di seluruh pelosok Tanah Air," katanya.

Kesimpulan

Informasi MUI mendukung ISIS adalah hoaks. MUI menegaskan ajaran ISIS haram. MUI juga menyerukan agar seluruh umat Islam tidak terhasut ajaran ISIS.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. MUI
  4. ISIS
  5. Ragam Konten
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini