CEK FAKTA: Hoaks Muhammadiyah Bikin Link Survei terkait Pendirian Bank Syariah

Jumat, 1 Januari 2021 14:20 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Muhammadiyah Bikin Link Survei terkait Pendirian Bank Syariah Hoaks Muhammadiyah Bikin Link Survei terkait Pendirian Bank Syariah. ©Liputan6.com

Merdeka.com - Beredar informasi PP Muhammadiyah mengadakan survei tentang pendirian Bank Syariah Muhammadiyah. Survei diperuntukan untuk masyarakat dengan mengisi survei melalui link https://forms.gle/epbLwapFDnNGtZAYA.

Berikut narasinya:

Ayo gaes d isi y,pernyataan qt bahwa qt mendukung,smg cpt terwujud,smg Allah mdhkan sgl sesuatux
Mohon bantuannya, survei Bank Syariah Muhammadiyah (BSM)

Mungkin ada yang belum isi...silakan
MAKLUMATANGKET LEMBAGA KEUANGAN MUHAMMADIYAH
‎السلام عليكم ورحمة الله وبركاتهبسم الله الرحمن الرحيم

Perihal : Mohon Bantu Isi dan Edarkan Angket bagi Warga Muhammadiyah, simpatisan dan masyarakat umum.
Merujuk hasil Muktamar di Makasar tahun 2015 tentang PILAR KE-3 penguatan ekonomi Muhammadiyah dan dengan telah dihasilkan sebagian konsep dokumen Pendirian Lembaga Keuangan Syariah Muhammadiyah (ide : BankMUsyariah) oleh Tim Penggagas yang dilahirkan dari komunitas Bisnis Warga Muhammadiyah, maka bersama ini kami edarkan Angket untuk mensurvey kebutuhan Warga Muhammadiyah (Pengurus, Anggota dan Simpatisan) akan adanya lembaga keuangan mulai dari tingkat Pusat hingga Ranting. Untuk itu perlu didalami dari lubuk hati yang paling dalam dari segenap Warganya, yang memang akan merasakan langsung atau tidak langsung keberadaan lembaga keuangan tersebut. Melalui angket ini kami asumsikan akan menjadi jalan terbaik sebagai aspirasi Warga Muhammadiyah untuk memiliki lembaga keuangannya sendiri.Oleh sebab itu, kami mengundang partisipasi aktif segenap Warga Muhammadiyah untuk mengisi angket dan menyebarkan kepada sesama Warga Muhammadiyah. Adapun hasilnya nanti kami akan publikasikan kembali dan jadi bahan untuk diusulkan pada Muktamar Muhammadiyah tahun 2022 nanti.Atas partisipasi anda sekalian kami ucapkan terima kasih.

Berikut ini link angket yang dapat anda isi dan edarkan sebagai mana terlampir.https://forms.gle/epbLwapFDnNGtZAYA
‎وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Koord. Tim Pengagas,Drs. Miftahuddin, MSi., RFP
Segera isi dan bantu edarkan sebelum ditutup akhir tahun ini 2020

Penelusuran

Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agung Danarto menegaskan bahwa PP Muhammadiyah tidak mengadakan dan tidak menugaskan baik majelis, lembaga, maupun individu untuk mengadakan survei tentang pendirian Bank Syariah Muhammadiyah.

“PP Muhammadiyah tidak ada melakukan survei yang berkaitan dengan pendirian Bank Syariah Muhammadiyah,” tegas Agung Danarto pada Minggu (27/12) dilansir dari Muhammadiyah.or.id

Kembali diingatkan Agung bahwa sikap dan pandangan resmi PP Muhammadiyah mewakili resmi Persyarikatan adalah apa yang telah dipublikasikan melalui Pernyataan PP Muhammadiyah Nomor 31/PER/I.0/A/2020 Tentang BANK SYARIAH INDONESIA UNTUK KEADILAN DAN KEMAKMURAN SELURUH RAKYAT, tanggal 7 Jumadilawal 1442 H/22 Desember 2020 M.

“Karenanya baik survei-survei maupun pernyataan-pernyataan orang perorang atasnama apapun, baik sebelum maupun sesudahnya, tidak mewakili dan mencerminkan sikap dan pandangan resmi Muhammadiyah sebagaimana dalam edaran resmi tersebut,” jelas Agung Danarto.

Termasuk di dalamnya belum ada sikap resmi Muhammadiyah untuk mendirikan bank syariah sendiri. PP Muhammdiyah juga belum membentuk tim khusus yang berkaitan dengan masalah perbankan tersebut.

Kesimpulan

PP Muhammadiyah tidak ada melakukan survei yang berkaitan dengan pendirian Bank Syariah Muhammadiyah.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini