CEK FAKTA: Hoaks Minum Air Dingin Setelah Makan Menyebabkan Kanker

Rabu, 13 Oktober 2021 16:11 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Minum Air Dingin Setelah Makan Menyebabkan Kanker Ilustrasi air es. google

Merdeka.com - Informasi tentang bahaya minum air dingin setelah makan menyebabkan kanker beredar luas di media sosial.

Disebutkan, minum air air bisa mengentalkan semua makanan berminyak, akibatnya proses pencernaan menjadi sangat lambat. Makanan berlemak dan telah membeku akan melapisi dinding usus, sehingga perlahan memicu kanker usus.

Berikut narasinya:

…BAHAYA MINUM AIR DINGIN setelah MAKAN: PEMICU KANKER

Jika Anda sering minum air dingin (air es) setelah makan, maka tamatlah hidup Anda. Karena semua jenis kanker siap menghancurkan tubuh Anda.

Minum air es setelah makan sangatlah nikmat, tetapi sangatlah membawa sengsara. Air es mengentalkan semua makanan berminyak yang baru saja Anda makan. Akibatnya proses pencernaan menjadi sangat lambat. Usus akan sangat cepat rusak, karena memaksa kerjanya.

Lebih dari itu, makanan berlemak dan telah membeku akan melapisi dinding usus Anda, sehingga perlahan memicu kanker usus.

Tentu saja Anda akan semakin gemuk dan sekaligus perlahan menginap kanker ganas. Karena itu, minumlah sup hangat atau air hangat setelah makan.

Semakin Anda tahu, semakin besar peluang Anda untuk bertahan hidup, sehat, dan umur panjang tanpa biaya mahal…

hoaks minum air dingin setelah makan sebabkan kanker
Turnbackhoax

Penelusuran

Hasil penelusuran, tentang minum air dingin setalah makan diklaim memicu kanker adalah tidak benar. Dilansir dari situs kesehatan, klikdokter.com, kebiasaan minum air dingin usai makan yang disebut-sebut dapat memicu kanker hanya mitos belaka.

Pasalnya, ketika air dingin masuk ke saluran cerna secara otomatis tubuh akan meningkatkan suhu air sehinggga menyesuaikan dengan suhu tubuh normal.

Faktanya, tubuh akan meningkatkan suhu air dan makanan hingga sesuai dengan suhu tubuh ketika air atau makanan bersuhu dingin masuk ke saluran cerna. Jadi anggapan bahwa lemak dapat dibekukan oleh air dingin sama sekali tidak benar.

Kelebihan lemak memang berpotensi menimbulkan gumpalan dan tumpukan. Tapi tumpukan ini akan bersarang di dinding pembuluh darah dan bukan di saluran cerna. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut plak.

Meski minum air es usai makan tidak berpotensi menyebabkan kanker, ada beberapa kebiasaan yang diakui secara medis berpotensi meningkatkan risiko kanker. Karena itu, kebiasaan-kebiasaan tersebut harus dihindari.

Kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko kanker di antaranya adalah:

1. Merokok aktif dan menjadi perokok pasif
2. Jarang berolahraga
3. Terlalu banyak duduk
4. Sering terpapar sinar matahari tanpa adanya pelindung
5. Banyak mengonsumsi makanan siap saji
6. Sering mengonsumsi makanan yang mengandung pengawet buatan

Kesimpulan

Informasi minum air dingin setalah makan menyebabkan kanker adalah tidak benar. Faktanya, minum air es atau dingin usai makan tidak berpotensi menyebabkan kanker, ada beberapa kebiasaan buruk yang diakui secara medis berpotensi meningkatkan risiko kanker.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2943491/minum-air-dingin-usai-makan-picu-kanker [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini