CEK FAKTA: Hoaks Mengetik Kata "Gratula" untuk Memverifikasi Keamanan Akun Facebook

Kamis, 30 Juli 2020 19:08 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Mengetik Kata mark zuckerberg. © Kaizenbiz.com

Merdeka.com - Beredar informasi di media sosial menyebutkan dengan mengetik kata "gratula" di bagian komentar di Facebook akan membantu memverifikasi keamanan akun seseorang.

Informasi diunggah akun Facebook Koleksi ThreePuteri pada 20 Juli 2020. Dalam unggahan tersebut disertai gambar Chief Executive Officer Facebook Mark Zuckerberg dan dua screenshot lain dari pengguna Facebook memposting komentar "Gratula".

Berikut narasinya:

Terbaikla.Mark zuckerberg ketua pegawai eksekutif facebook mencipta perkataan baru GRATULA untuk memastikan akaun facebook anda dlm keadaan selamat. Taip GRATULA dalam komen jika merah,akaun anda masih selamat.jika ia tidak bertukar kepada warna merah,sila tukar kata laluatan facebook anda akaun anda sudah di hack!
Congratulations kpd yg warna merah.

hoaks mengetik kata quotgratulaquot untuk memverifikasi keamanan akun facebook

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim dengan mengetik kata "gratula" di kolom komentar Facebook untuk memastikan akun Anda aman.

Dilansir dari AFP, salah satu juru bicara Facebook mengatakan bahwa platformnya tidak menggunakan metode seperti itu untuk menunjukkan apakah akun pengguna aman atau tidak. Keamanan ada di setiap produk Facebook, seperti peringatan login dan otentikasi dua faktor, untuk membantu menambahkan lapisan perlindungan tambahan ke akun. Pihaknya mendorong semua orang untuk meninjau dan memperbarui pengaturan keselamatan mereka.

AFP telah membantah beberapa klaim dalam berbagai bahasa yang terkait dengan Facebook. Posting tersebut termasuk taktik penipuan di Nigeria untuk mendapatkan pengikut Facebook; mengaku tagihan untuk penggunaan platform Facebook; kebijakan baru yang memberi Facebook akses penuh ke konten pengguna; dan tipuan tentang peretas Facebook.

Kesimpulan

Klaim dengan mengetik kata "gratula" di kolom komentar Facebook untuk memastikan akun Anda aman adalah salah.

Facebook mengatakan platformnya tidak menggunakan metode seperti itu untuk menunjukkan apakah akun pengguna aman.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini