CEK FAKTA: Hoaks Menara Masjid Al Aqsa Miring Karena Dirobohkan Pasukan Israel

Rabu, 26 Mei 2021 12:14 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Menara Masjid Al Aqsa Miring Karena Dirobohkan Pasukan Israel Polisi Israel serbu Masjid Al-Aqsa. ©AHMAD GHARABLI/AFP

Merdeka.com - Sebuah video berdurasi 1 menit 8 detik beredar di aplikasi percakapan WhatsApp. Di video itu disebutkan menara Masjid Al-Aqsa miring karena Israel mencoba merobohkan. Salah satu isi video memang memperlihatkan menara yang miring.

hoaks video menara al aqsa ditembak israel
turnbackhoax

"Allahu Akbar …..meskipun menara masjid Al Aqsо mo dirobohkan sama Israel..tp dengan kuasa Allah tidak roboh n tidak lecet sedikipun…Allahu Akbar".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi menara masjid Al Aqsa yang miring adalah hoaks. Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] Video “menara masjid Al Aqsо dirobohkan Israel" pada 26 Mei 2021, dijelaskan bahwa video diambil saat pasukan Amerika Serikat menyerang menara masjid di Irak.

Video itu telah beredar sejak tahun 2008. Namun narasi dalam video tidak mengaitkan tentang konflik Palestina dan Israel.

hoaks video menara al aqsa ditembak israel
turnbackhoax

Video pertama kali diunggah oleh akun Youtube Michael Moore dengan judul "WINTER SOLDEIR: I.S. Marines Fire in Mosques Unprovoked" pada 16 Maret 2008. Akun Michael Moore menuliskan keterangan video sebagai berikut:

"Cpl. Jon M. Turner’s (3/8 Kilo Company, 1st Platoon, U.S. Marine Corps) testimony on March 15th, 2008 included these two videos of Turner’s squad firing on Mosques unprovoked, a violation of international law."

Berikut terjemahannya

"Cpl. Kesaksian Jon M. Turner (3/8 Kilo Company, 1st Platoon, U.S. Marine Corps) pada tanggal 15 Maret 2008, termasuk dua video penembakan regu Turner di Masjid tanpa alasan, pelanggaran hukum internasional."

Kesimpulan

Sebuah video menyebut menara Masjid Al Aqsa miring karena Israel mencoba merobohkan adalah hoaks. Video itu diambil pada 2008, saat Pasukan Marinis Amerika Serikat menembakkan menara masjid di Irak tanpa alasan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini