CEK FAKTA: Hoaks, Mahasiswa Sebarkan Virus HIV/ AIDS Melalui Pengambilan Sampel Darah

Selasa, 20 September 2022 16:00 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks, Mahasiswa Sebarkan Virus HIV/ AIDS Melalui Pengambilan Sampel Darah Kenali HIV/AIDS, Mulai Dari Gejala hingga Pengobatan yang Harus Dijalani. liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar pesan suara yang mengklaim sekelompok mahasiswa menyebarkan virus AIDS saat pengambilan sampel darah. Rekaman suara tersebut menggunakan bahasa Jawa.

Berikut transkrip pesan suara yang diklaim sekelompok mahasiswa saat mengambil sampel darah untuk menularkan AIDS.

"Assalamualaikum bu sum iki enek informasi nek enek sekelompok mahasiswa seko kalimantan ngider neng omah-omah, wong kui njaluk sampel darah, kui nyebar virus aids lewat jarume. Jadi sampean share neg grup RT tolong disapaikan tenanan, iki wis teko Kendal Sidodadi digoleki polisi langsung ngilang."

Penelusuran

Hasil penelusuran, suara yang disebut dilakukan sekelompok mahasiswa menyebarkan virus AIDS melalui pengambilan sampel darah adalah tidak benar alias hoaks. Melansir dari Liputan6.com, pembuat rekaman suara yang menginformasikan penyebaran virus HIV/AIDS melalui cek kesehatan dari rumah ke rumah di Bojonegoro, sudah diamankan pihak polisi.

"Pelaku seorang pria berinisial ZM warga Sukosewu Bojonegoro, diamankan di rumahnya setelah terbukti membuat informasi hoaks dan menyebarkannya," ujar Kapolsek Sukosewu Bojonegoro Iptu Moch Safi'i, Selasa (13/9/202).

Iptu Moch Safi'i mengatakan, pihaknya langsung bergerak mencari informasi siapa pembuat rekaman suara yang sempat meresahkan warga Bojonegoro tersebut.

Setelah beberapa hari melakukan penyelidikan, akhirnya pihaknya berhasil mengungkap pemilik suara dalam rekaman tersebut.

"Begitu menyebut wilayah Sidodadi, kami segera bergerak dan Alhamdulillah sudah kami amankan," ucapnya.

Ia menjelaskan, ZM awal mulanya mendapatkan informasi dari grup luar Bojonegoro. Namun dengan sengaja, ZM membuat rekaman ulang seakan akan kejadian berada di Bojonegoro dan disebarkan ke grup RT.

"Berawal dari penyebaran itu, rekaman suara tersebut menyebar hingga ke desa lain, bahkan menyebar ke seluruh wilayah Bojonegoro," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad mengimbau kepada masyarakat Bojonegoro, untuk cerdas dalam bermedia sosial.

Kemajuan teknologi saat ini, harus diimbangi dengan kehati-hatian dalam membuat dan menyebarkan informasi. Sehingga tidak membuat gaduh dan meresahkan masyarakat.

"Teknologi saat ini berkembang pesat, mari kita imbangi dengan kehati-hatian. Saring sebelum sharing," ucapnya.

Kesimpulan

Rekaman suara yang mengklaim sekelompok mahasiswa menyebarkan virus AIDS melalui pengambilan sampel darah adalah tidak benar alias hoaks. Saat ini, polisi sudah mengamankan pelaku penyebar hoaks tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://surabaya.liputan6.com/read/5068751/polisi-amankan-penyebar-hoaks-mahasiswa-sebarkan-virus-hiv-aids-di-bojonegoro?

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini