CEK FAKTA: Hoaks Mahasiswa Bali di Yogya Positif Terjangkit Virus Corona

Rabu, 4 Maret 2020 12:22 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Hoaks Mahasiswa Bali di Yogya Positif Terjangkit Virus Corona hoaks mahasiswa bali di yogya positif corona. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar pesan berantai di jejaring percakapan WhatsApp yang menyebutkan ada tiga orang mahasiswa asal Bali dan sedang berada di Yogyakarta, positif terjangkit virus corona.

Berikut petikan pesan yang menyebar:
"Barusan pak bojo crita, kl td ketemuan sama dinas kesehatan, di Jogya sdh ada 3 org yg terinfeksi virus covid 19 (virus Corona), anak ugm, asli bali. Total di indonesia sampe siang td sdh ada 16 org. Jd berhati2 nih besok naik kereta, dikeramean dan mesti pegang gagang2 pintu, konon katanya bs tertular dr logam ya... kudu siap2 sanitazer ato apa yg ampuh ya?," tulis pesan tersebut.

Penelusuran

Tim cek fakta merdeka.com menemukan artikel di jogja.suara.com yang memberikan penjelasan mengenai kabar itu. Faktanya, penjelasan dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Yogyakarta, Pembayun Setyaning Astutie memastikan bahwa pesan berantai tersebut tidak benar atau hoaks.

Dia menegaskan bahwa kabar adanya tiga mahasiswa asal Bali yang terjangkit virus corona tidaklah benar.

"Maaf itu hoaks (dipastikan bahwa kabar tersebut bohong)," ungkap Kepala Dinkes DIY, Pembayun Setyaning Astutie seperti dilansir jogja.suara.com, Senin (2/3).

Menanggapi kabar hoaks tersebut Pembayun mengungkapkan bahwa pelaku yang belum diketahui ini hanya butuh perhatian.

"Mungkin penyebar hoaks ini meminta perhatian kepada orang namun caranya yang tidak pas," terangnya.

Namun ada dampak positif yang disebut Kepala Dinkes berpengaruh bagi masyarakat terkait pesan berantai itu.

"Positif thinking, mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih sehat dan bersih agar virus (Corona) tidak masuk ke dalam diri kita," tutur Pembayun.

Meski menjadi kabar hoaks, Pembayun mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan diri dalam mencegah virus tersebut.

Kesimpulan

Pesan berantai tersebut adalah hoaks. Kabar adanya 3 mahasiswa asal Bali yang terjangkit virus corona tidaklah benar. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini