CEK FAKTA: Hoaks Lowongan Kerja PT KAI dengan Pungutan Biaya

Senin, 10 Agustus 2020 11:15 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Lowongan Kerja PT KAI dengan Pungutan Biaya Ilustrasi Kereta Api. bumn.go.id ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Informasi lowongan kerja PT Kereta Api Indonesia (KAI) beredar di media sosial. Informasi itu menyebutkan enam lowongan PT KAI dan menggunakan biaya masuk.

hoaks lowongan kerja pt kai

Kominfo

"LOKER KERETA API
WA 089682050672
PAKAI BIAYA MASUK
1. KONDEKTUR
2. MASINIS
3. PRAMUGARI
4. TEKNISI
5. OPERATOR
6. PPKA"

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi lowongan kerja PT KAI tersebut adalah hoaks. Dalam akun resmi Instagram PT KAI, @keretaapikita, PT KAI menjelaskan bahwa tidak ada pungutan biaya selama proses rekrutmen PT KAI.

"Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen KAI

Masyarakat diharapkan berhati-hati dengan penipuan berkedok rekrutmen KAI baik melalui selebaran-selebaran maupun melalui online seperti media sosial. Dalam hal pemenuhan kebutuhan SDM, semua informasi rekrutmen hanya diumumkan melalaui website resmi PT KAI di recruitment.kai.id.

Bagi kamu yang ingin memantau rekrutmen KAI pastikan hanya pada website tersebut ya. Selain itu, KAI tidak memungut biaya sepeserpun seperti uang muka, uang tanda jadi, penggantian biaya akomodasi atau segala jenis biaya serupa.

Masyarakat diharapkan lebih jeli dan teliti bila mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen. Jangan mudah tertarik dan waspada akan segala bentuk kemudahan yang ditawarkan untuk menjadi pegawai dari oknum yang mengatasnamakan KAI.

KAI juga mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada pihak kepolisian dan tidak meneruskan/menyebarkan pesan tentang pengumuman rekrutmen KAI yang terindikasi palsu untuk menghindari semakin banyaknya orang yang tertipu oleh oknum pembuat rekrutmen palsu."

Kemudian dalam akun Twitter resmi PT KAI, @keretaapikita, PT KAI menjelaskan bahwa tidak pernah mengumumkan lowongan kerja selain dari website resmi PT KAI.

"Awas Penipuan

Dan terjadi lagi, penipuan berkedok rekrutmen KAI. Bahkan di tengah pandemi seperti ini, para oknum tak peduli dan lebih memikirkan kepentingan pribadi. Terus waspada dan berhati-hati, pastikan rekrutmen KAI hanya di http://recruitment.kai.id atau media sosial resmi."

Kesimpulan

Informasi lowongan kerja PT KAI dengan pungutan biaya adalah hoaks. PT KAI tidak pernah memungut biaya selama proses rekrutmen dan selalu mengumumkan rekrutmen melalui website resmi atau media sosial resmi PT KAI.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini