CEK FAKTA: Hoaks Link Pendaftaran Penerima Vaksin Covid-19

Jumat, 11 Desember 2020 10:44 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Link Pendaftaran Penerima Vaksin Covid-19 China Pamerkan Vaksin Covid-19. ©2020 AFP/NOEL CELIS

Merdeka.com - Beredar link pendaftaran penerima vaksin Covid-19. Formulir tersebut memuat keterangan untuk pendataan pasien penerima vaksin Covid-19.

Formulir berisi identitas pribadi seperti KTP dan kartu keluarga, nama perusahaan tempat bekerja, dan gejala klinis atau komorbid.

hoaks link pendaftaran penerima vaksin covid 19
©Facebook

Penelusuran

Hasil penelusuran link pendaftaran penerima vaksin Covid-19, dilansir dari Kompas.com berjudul "Beredar Form Pendaftaran Vaksinasi Covid-19, Satgas: Informasi Itu Tidak Benar", Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, informasi tersebut tidak benar.

"Itu tidak betul," ujar Wiku.

Wiku menegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 masih diprioritaskan untuk program vaksinasi pemerintah. Artinya, vaksinasi saat ini diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, tenaga pendukung lain di fasilitas kesehatan serta beberapa kelompok lain sesuai ketetapan pemerintah.

"Iya betul demikian," katanya.

Dia pun meminta masyarakat mencari sumber-sumber terpercaya perihal vaksin Covid-19. "Masyarakat agar selalu mencari informasi dari sumber pemerintah yang bisa dipercaya. Ikuti saja informasi resmi dari pemerintah," tegas Wiku.

"Vaksinasi juga akan dilakukan apabila sudah ada Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM," tambahnya.

Kesimpulan

Link pendaftaran penerima vaksi Covid-19 adalah tidak benar. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan vaksinasi saat ini diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, tenaga pendukung lain di fasilitas kesehatan serta beberapa kelompok lain sesuai ketetapan pemerintah.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini