CEK FAKTA: Hoaks Link Pemerintah Berikan Internet Gratis

Senin, 13 April 2020 13:18 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Link Pemerintah Berikan Internet Gratis koneksi internet. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar kabar yang menyebutkan jika pemerintah memberikan internet gratis sebagai insentif karena virus corona di media sosial

Pesan tersebut diunggah akun Twitter @DramaGojek pada 11 April 2020. Unggahan dan pesan yang disebarkan disertai pula link.

Berikut narasinya:

Gue udeh coba. Alhamdulillah beneran free & unlimited. Bagus juga sinyalnya.

Gassss...

Pemerintah Berikan Internet Gratis Akibat Corona Virus Pemerintah Gratiskan Internet
internet.gratis.pemerintah.go.id.berita.sctv.asia

hoaks internet gratis

©2020 Merdeka.com/ twitter @DramaGojek

Penelusuran

Tim Cek Fakta merdeka.com menelusuri link pemerintah memberikan internet secara gratis. Dalam artikel Kompas.com berjudul "[HOAKS] Link "Pemerintah Berikan Internet Gratis"

Direktur Jenderal Pos dan Penyelenggaraan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo Ahmad Ramli. Ramli menegaskan, informasi yang beredar di atas tidak benar atau hoaks. "Jangan percaya dengan viral ini karena itu adalah hoaks," kata Ahmad Ramli saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

Ia mengatakan, program yang berasal dari pemerintah adalah berupa kerja sama dengan operator telekomunikasi dengan memberikan layanan internet gratis melalui platform dunia pendidikan.

"Nilainya sekitar Rp 1,9 triliun per bulan," ujar dia.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tidak mudah percaya terhadap hoaks semacam ini. Menurut dia, ada lagi modus penipuan lain yang muncul seperti pengiriman pesan penipuan agar orang masuk ke link atau mengakses hal tertentu. Ia berpesan, agar tak mengikuti atau mengeklik link tersebut, dan melaporkannya ke BRTI.

"Nomor tersebut (yang mengirim pesan) silakan laporkan ke BRTI," ujar Ramli.

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) merupakan sebuah lembaga yang berfungsi sebagai badan regulator telekomunikasi di Indonesia. Ia mengingatkan, biasanya pesan hoaks meminta masyarakat menghubungi nomor tertentu, sama halnya dengan modus penipuan yang selama ini terjadi.

Kemudian, oknum penipu itu meminta sejumlah uang lewat transfer dan lain-lain.

Kesimpulan

Link pemerintah memberikan paket internet secara gratis tidak benar.

Namun program yang berasal dari pemerintah kerja sama dengan operator telekomunikasi dengan memberikan layanan internet gratis melalui platform dunia pendidikan. [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini