CEK FAKTA: Hoaks Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ182 Sudah Ditemukan

Selasa, 12 Januari 2021 12:59 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ182 Sudah Ditemukan Pencarian Sriwijaya Air SJ-182. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Informasi kotak hitam maskapai Sriwijaya Air SJ182 sudah ditemukan beredar di media sosial. Informasi itu ditulis oleh VIRAL.TOPBERITATERKINI.COM berjudul "Penemuan Kotak Hitam dan Bagian Pesawat Sriwijaya Air SJ 182". Artikel itu ditulis pada 11 Januari 2021.

hoaks kotak hitam sriwijaya air sudah ditemukan
Facebook

"Barang bukti itu mulai dari serpihan pesawat, kabel, pecahan ban, tumpahan minyak, bagian tubuh, properti milik penumpang dan lainnya.

Kotak hitam atau black box yang diduga milik pesawat rute Jakarta-Pontianak itu juga sudah ditemukan lokasinya.

Selain black box, tim SAR gabungan sudah menemukan bagian pesawat yang lebih besar di dasar laut.

Upaya pengangkatan black box dan bagian pesawat lainnya pun masih ditunggu pada hari ketiga pencarian.

Lokasi black box sudah ditandai

Informasi bagaimana lokasi diduga black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182 ditemukan datang dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Pada konferensi pers Minggu (10/1/2021) sore, Hadi mengungkapkan bahwa tim gabungan pencari telah menandai lokasi yang diduga kuat merupakan black box milik pesawat tersebut."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, judul berita yang dibuat VIRAL.TOPBERITATERKINI.COM adalah hoaks. Judul berita dengan isi berita yang ditulis tidak sesuai.

Dalam artikel merdeka.com berjudul "Lokasi Black Box Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan" pada 10 Januari 2021, dijelaskan bahwa hanya lokasi kotak hitam yang ditemukan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan, lokasi yang diduga jatuhnya kotak hitam atau black box Sriwijaya Air SJ182 ini sudah diketahui. TNI, Basarnas, dan KNKT saat ini terus berupaya mendapatkan black box.

"Terbukti dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box tersebut terus bisa dipantau dan sekarang sudah kita beri marking," ujar Panglima TNI Marsekal Hadi dalam konferensi pers di JICT 2, Jakarta, Minggu (10/1).

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsdya TNI, Bagus Puruhito menambahkan, tim pencarian gabungan sudah menemukan lokasi black box pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. Dalam waktu dekat, Basarnas bersama TNI AL akan mengangkut black box tersebut.

"Kita meyakini itu blackbox karena ada sinyal transmitted emergency yang mana hanya ada dari alat tersebut. Dari Basarnas sudah bawa peralatan seperti direction finder yang akan dibawa ke KRI Rigel utk segera menindaklanjuti pencarian blackbox tersebut," kata Bagus Puruhito.

Kemudian dalam artikel merdeka.com berjudul "KNKT Sebut Sinyal Black Box Sriwijaya Air SJ 182 Sudah Terdeteksi" pada 12 Januari 2021, dijelaskan bahwa fokus pencarian pada FDR dan CVR.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menyampaikan, Tim SAR gabungan sudah mendeteksi sinyal dari black box atau kotak hitam pesawat jatuh Sriwijaya Air SJ 182.

"Upaya pencarian black box berupa Flight Dara Recorder (FDR) dan Cockpit Valve Recorder (CVR) telah menangkap sinyal dan Locator Beacon," tutur Soerjanto dalam keterangannya, Selasa (12/1/2021).

Menurut Soerjanto, dari sinyal yang diperoleh itu sudah dilakukan pengukuran dengan mangulasi dan ditentukan perkiraan lokasi seluas 90 meter persegi.

"Sejak pagi hari tanggal 11 Januari 2021, tim penyelam sudah mencari di lokasi yang sudah diperkirakan. Sampai dengan sore hari, black box belum ditemukan dan pencarian masih dilakukan," jelas Soerjanto.

Dan dalam artikel merdeka.com berjudul "Turbin Sriwijaya Air SJ-182 Berhasil Ditemukan dan Diangkat" pada 10 Januari 2021, dijelaskan bahwa turbin Sriwijaya Air SJ182 sudah ditemukan pada 10 Januari.

Tim SAR gabungan mengangkut turbin pesawat Sriwijaya dengan nomor penerbangan SJ-182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di sekitar Kepulauan Seribu, Minggu (10/1) malam.

Pantauan di lapangan, Pasukan TNI dan Polri langsung bersiaga di tempat bersandar KRI Crucut. Mereka bergotong-royong menurunkan Turbin menggunakan alat berat berjenis truk garpu.

Menurut keterangan yang disampaikan Komandan KRI Cucut, Mayor Laut (P) Orri Kaufmann R, Tim penyelam TNI AL mengangkat turbin pesawat setelah diketahui keberadaan menggunakan sonar tiga dimensi yang ada di KRI Rigel.

"Kurang lebih pukul 16.00 WIB puing tersebut dapat dievakuasi dan diserahkan pada KRI Cucut," kata dia.

Kesimpulan

Informasi kotak hitam ditemukan, seperti judul yang ditulis VIRAL.TOPBERITATERKINI.COM "Lokasi Black Box Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan" adalah hoaks. Judul berita tidak sesuai dengan isi berita, dan sampai saat ini hanya lokasi kotak hitam yang ditemukan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini