CEK FAKTA: Hoaks Korban Meninggal Kecelakaan di Balikpapan 21 Orang

Senin, 24 Januari 2022 16:24 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Korban Meninggal Kecelakaan di Balikpapan 21 Orang Kecelakaan beruntun di Balikpapan. ©istimewa

Merdeka.com - Beredar pesan di aplikasi WhatsApp yang menyebutkan korban meninggal akibat kecelakaan maut di Simpang perempatan lampu merah Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, mencapai 21 orang.

"Info terakhir yang meninggal di Balikpapan itu 21 orang, Sedih banget ta. Banyak orang tidak bersalah meninggal karena kelalaian truk yang meluncur tidak terkendali. Jalan di situ menurun dan memang sering terjadi kecelakaan serupa," isi pesan yang beredar.

Penelusuran

Hasil penelusuran merdeka.com, Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Yusuf Sutejo membantahnya. Ia memastikan korban tewas dalam kecelakaan maut itu berjumlah empat orang.

"Hoaks itu bohong," katanya saat dikonfirmasi merdeka.com, Jumat (21/1).

Sementara itu korban kecelakaan hingga kini masih dalam perawatan tim medis. Korban yang dirawat luka-luka dibagian tubuh.

"Kalau luka di anggota tubuh di tangan, kaki, mereka kini masih dalam perawatan. Luka berat di kepala, ada kaki remuk, dan patah," kata Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Yusuf Sutejo kepada merdeka.com, Minggu (23/1).

Yusuf mengungkapkan, hingga kini korban berjumlah 30 orang terdiri dari meninggal dunia 4 orang, luka berat 2 orang, luka ringan 24 orang.

"Luka berat bapak M Yasmin dan ibu Marwiyah, lainnya luka ringan," katanya.

Kesimpulan

Informasi korban kecelakaan maut di Balikpapan mencapai 21 orang adalah hoaks. Faktanya, sampai saat ini korban tewas berjumlah empat orang.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.merdeka.com/peristiwa/polisi-bantah-viral-sebut-korban-meninggal-kecelakaan-balikpapan-21-orang.html
https://www.merdeka.com/peristiwa/update-kondisi-korban-kecelakaan-di-balikpapan.html

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini