CEK FAKTA: Hoaks Kondisi Pertokoan Sepi di Johor Bahru Malaysia

Kamis, 29 Oktober 2020 16:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Kondisi Pertokoan Sepi di Johor Bahru Malaysia Pertokoan di kawasan Pasar Baru. ©Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Beredar sebuah video kondisi rumah dan ruko yang disebut-sebut berada di Johor Bahru, Malaysia. Video berdurasi itu berdurasi 29 detik dan beredar di aplikasi percakapan WhatsApp.

potongan gambar kondisi pertokoan kosong di malaysia
istimewa
potongan gambar kondisi pertokoan kosong di malaysia
istimewa

Banyak Ruko di Johor Malaysia dijual dampak Covid 19...Alhamdulillah Indonesia tdk sebegitu parah kodisinya...Hanya Bani Kufur Nikmat yg gak pandai bersyukur dan menghargai kerja org lain.”

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. dalam artikel Medcom.id berjudul "[Cek Fakta] Beredar Video Banyak Ruko di Johor Malaysia Dijual karena Covid-19? Ini Faktanya" pada 26 Oktober 2020, dijelaskan bahwa video tersebut bukan di Johor Bahru.

Dilansir situs Techarp.com, lokasi ruko pada video itu sebenarnya terletak di kawasan Sinaria Tropicana Aman, Kota Kemuning, Selangor, Malaysia. Jarak dari Johor Bahru ke Kota Kemuning sekitar 333,1 kilometer.

“Alasan # 1: Toko Kosong Itu Berada Di Kota Kemuning, Selangor,” tulis situs Techarp.com dalam laporannya, 23 Oktober 2020.

Kemudian ruko-ruko itu merupakan bagian dari pengembangan kawasan baru. Kebanyakan ruko-ruko itu belum pernah ditempati.
“Sinaria adalah pengembangan yang relatif baru yang selesai pada 2019, dan inilah Google Street View yang diambil pada Agustus 2019,” tulis Techarp.com.

Kesimpulan

Video kondisi sepinya rumah-rumah dan ruko-ruko yang disebut di Johor Bahru, Malaysia adalah hoaks. Video tersebut memang benar kondisi sepinya ruko-ruko, namun kejadiannya berada di Kota Kemuning, Selangor Malaysia.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini