CEK FAKTA: Hoaks Komunikasi Jarak Jauh Presiden Soeharto & Pelajar Gunakan Zoom Meet

Jumat, 26 November 2021 13:22 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Komunikasi Jarak Jauh Presiden Soeharto & Pelajar Gunakan Zoom Meet Mengenang Jawaban Legendaris Soeharto. YouTube HM Soeharto ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah foto mantan Presiden RI ke-2 Soeharto sedang berbincang dengan siswa SMP beredar di media sosial. Pengunggah foto menyebutkan di zaman Orde Baru, pembelajaran jarak jauh memakai Zoom Meet.

foto belajar jarak jauh zaman soeharto
istimewa

"ZOOM MEET BERSAMA PAK HARTO
Jauh Sebelum Era Belajar Online Seperti Sekarang, Orde Baru Pernah Mencoba Pembelajaran Interaktif Jarak Jauh Berbasis Audio dan Video Seperti Diatas".

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, pembelajaran jarak jauh era Soeharto bukan menggunakan Zoom Meet.

Merangkum dari berbagai artikel, percobaan komunikasi jarak jauh di zaman Soeharto memang benar, namun bukan dengan Zoom Meet. Saat itu, komunikasi jarak jauh berbasis audio visual masih menggunakan transponder tahun 1980.

Transponder ini berfungsi sebagai alat komunikasi satelit yang dapat memancarkan sinyal atau juga menerimanya melalui antena.

Alat ini mampu menangkap dan mengirimkan sinyal dalam frekuensi tertentu menuju satelit Palapa milik Perumtel yang sekarang Telkom Indonesia, mengutip timesindonesia.co.id berjudul "Pembelajaran Jarak Jauh Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Orde Baru, Ini Buktinya".

Tahun 1976, satelit pertama Indonesia, satelit Palapa resmi diluncurkan. Satelit ini mampu menjembatani komunikasi dalam negeri.

Kesimpulan

Foto komunikasi jarak jauh antara Presiden Soeharto dengan siswa SMP menggunakan Zoom Meet adalah hoaks. Komunikasi jarak jauh zaman Soeharto memang ada, namun menggunakan transponder berbasis audio video, bukan Zoom Meet.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini