CEK FAKTA: Hoaks Kasus Covid-19 di Purworejo Paling Banyak Se-Jawa Tengah

Senin, 28 Desember 2020 15:38 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Kasus Covid-19 di Purworejo Paling Banyak Se-Jawa Tengah Pasien Covid-19 di Wisma Atlet. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Informasi Purworejo menjadi Kabupaten paling tinggi kasus Covid-19 di Jawa Tengah dan nomor empat terbanyak di Indonesia beredar di media sosial. Informasi tersebut juga disertai tabel yang disebut-sebut jumlah pasien Covid-19.

hoaks kasus covid 19 di purworejo paling banyak di jawa tengah
Kominfo

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dikutip dari situs covid19.go.id pada 28 Desember 2020, Purworejo menjadi kabupaten dengan status risiko sedang untuk penyebaran Covid-19, atau masuk dalam zona oranye. Kemudian dalam situs tersebut, disebutkan bahwa jumlah kasus Covid-19 di Jawa Tengah sebanyak 77,793 orang.

Dalam situs covid19.purworejokab.go.id, dijelaskan bahwa jumlah kasus di Kabupaten Purworejo sebanyak 952 orang.

Kemudian tabel tersebut adalah tabel Grafik Rate of Transmission kasus Covid-19 yang didasarkan pada rata-rata penyebaran kasus dari satu orang ke orang yang lainnya hasil testing dan tracing dalam penanganan pandemi Covid-19.

Kesimpulan

Informasi Purworejo menjadi Kabupaten paling tinggi kasus Covid-19 di Jawa Tengah dan nomor empat terbanyak di Indonesia adalah hoaks. Wilayah Kabupaten Purworejo masuk dalam zona orange, atau risiko sedang.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini