CEK FAKTA: Hoaks Kabupaten Gowa Lockdown Tanggal 19-27 Desember

Senin, 21 Desember 2020 13:51 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Kabupaten Gowa Lockdown Tanggal 19-27 Desember Hoaks Kabupaten Gowa Lockdown Tanggal 19-27 Desember. ©gowakab.go.id

Merdeka.com - Beredar pesan berantai melalui WhatsApp berisi tentang Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan lockdown mulai 19 Desember hingga 27 Desember 2020.

"Hasil Rapat Pimpinan insya Allah Kita akan lockdown mulai tanggal 19 Desember 2020 – 27 Desember 2020, pengumuman resmi akan menyusul dan diminta tetap bekerja dari rumah dan diminta untuk tidak keluar daerah terutama pergi rekreasi."

Penelusuran

Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni informasi tersebut tidak benar atau kebohongan.

Ia mengaku saat ini memang peningkatan peningkatan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Sulawesi Selatan termasuk di Gowa, namun yang diharuskan mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin menggunakan masker, jaga jarak, racin cucitangan dan tidak berkerumun.

“Untuk lockdown tidak ada. Pak bupati dan Wabup hanya mengingatkan untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan prokes untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” tegasnya seperti dilansir situs resmi Kabupaten Gowa.

hoaks kabupaten gowa lockdown tanggal 19 27 desember
©gowakab.go.id

Meskipun lockdown diberlakukan kata Arifuddin, Pemerintah Kabupaten Gowa akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu agar diketahui oleh masyarakatnya sebelum hal itu dilakukan.

“Dari dulu ketika Pemkab Gowa akan mengambil langkah yang melibatkan seluruh masyarakat pasti pak bupati melakukan sosialisasi dulu, tidak dengan cara seperti beredarnya pesan di grup-grup media sosial,” jelasnya.

Kendati berita tersebut tidak benar, dirinya tetap mengimbau agar selalu menerapkan protokol kesehatan salah satunya wajib menggunakan masker apalagi Pemkab Gowa telah memiliki Perda Wajib Masker yang berisi sanksi sosial hingga adminstrasi jika ditemukan adanya.

Kesimpulan

Kabar Gowa lockdown adalah tidak benar. Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni mengatakan untuk lockdown tidak ada tapi mengimbau masyarakat meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan prokes untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini