CEK FAKTA: Hoaks Kabar Presiden Jokowi Menutup Seluruh Pabrik Miras di Indonesia

Senin, 15 Maret 2021 15:30 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Kabar Presiden Jokowi Menutup Seluruh Pabrik Miras di Indonesia Jokowi tinjau vaksinasi Covid-19 untuk tokoh agama dan santri di Semarang. ©Liputan6.com/Gholib

Merdeka.com - Informasi Presiden Joko Widodo menutup seluruh pabrik minuman keras di Indonesia beredar di media sosial. Informasi tersebut mencantumkan sebuah video berdurasi 1 menit 31 detik.

hoaks kabar presiden jokowi tutup pabrik miras di indonesia
Facebook

"HARI INI JOKOWI TUTUP SELURUH KILANG ARAK DI INDONESIA Sedemikian rakyat malaysia kena memilih pemimpin yg ada jiwa HAMBA ALLAH BUKAN HAMBA DUNIA."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Video yang diunggah tidak terkait dengan penutupan pabrik minuman keras. Video tersebut berisi pernyataan pencabutan lampiran peraturan investasi minuman keras.

"Setelah menerima masukan-masukan dari ulama-ulama, MUI, Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah dan ormas-ormas lainnya, serta tokoh-tokoh agama yang lain. Dan juga masukan-masukan dari provinsi dan daerah, bersama ini saya sampaikan, saya putuskan lampiran Perpres terkait pembukaan investasi baru dalam industri minuman keras yang mengandung alkohol, saya nyatakan dicabut. Terima kasih."

Kemudian, tidak ditemukan informasi resmi terkait penutupan pabrik minuman keras di Indonesia.

Kesimpulan

Informasi penutupan pabrik minuman keras di Indonesia adalah hoaks. Tidak ditemukan artikel atau informasi resmi mengenai hal tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini