CEK FAKTA: Hoaks Kabar Belasan Orang Terpapar Covid-19 di Toko Ritel

Kamis, 30 Juli 2020 13:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Kabar Belasan Orang Terpapar Covid-19 di Toko Ritel Ilustrasi masker. ©PixabayShutterstock

Merdeka.com - Informasi belasan orang terpapar Covid-19 di perusahaan ritel Transmart beredar di aplikasi percakapan WhatsApp. Informasi itu juga menyebutkan Gubernur menutup toko retail selama 10 hari.

hoaks pegawai transmart positif covid 19

Istimewa

"Info hari ini usahakan hindari berkunjung ke Transmart hari ini instruksi Gubernur akan di tutup selama 10 hri di karenakan belasan belasan orang terpapar positif COVID-19. Hari ini Pol-PP berkoordinasi dgn Polda dan pangdam akan menutup transmart demikian utk disampaikan ke keluarga kita masing2..utk semntara jgn berkunjung ke sana dlu."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi 10 orang terpapar Covid-19 di Transmart adalah hoaks. Melalui akun Twitter milik Transmart Carrefour, @Transmart_IND, VP Coorporate Communication PT. Trans Retail Indonesia Satria Hamid membantah kabar tersebut.

"WASPADA HOAKS KLARIFIKASI PT. TRANS RETAIL INDONESIA

Terkait berita yang tersebar mengenai seolah-olah ada karyawan Transmart Palembang yang positif COVID-19, kami informasikan berita itu tidak benar alias hoaks," demikian keterangan akun @Transmart_IND pada Rabu (29/7).

Saat ini Transmart Palembang tetap buka dengan selalu memperhatukan protokol kesehatan".

Kemudian dalam artikel Kumparan berjudul "Transmart Bantah Gerai di Palembang Tutup karena Karyawan Positif COVID-19" pada 29 Juli 2020, dijelaskan karyawan yang positif Covid-19 bukan karyawan Transmart Palembang.

VP Corporate Communication PT. Trans Retail Indonesia Satria Hamid bilang bahwa informasi tersebut diplesetkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Info yang sebenarnya bahwa ada pekerja proyek pembangunan Bumi Raya City Mall, Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat, yang positif COVID-19.

Selain itu, pekerja tersebut bukanlah Karyawan Transmart melainkan pekerja proyek pembangunan Bumi Raya City Mall. Proyek pembangunan Kubu Raya tersebut terpisah dengan area Transmart dan terdapat pagar pemisah di sekeliling proyek. Pintu masuk proyek pun berbeda, tidak masuk dari Transmart melainkan dari jalan khusus.

Kesimpulan

Informasi belasan orang terpapar Covid-19 di Transmart adalah hoaks. Pihak Transmart membantah kabar tersebut dan menjelaskan bahwa orang yang terpapar Covid-19 bukan karyawannya.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini