CEK FAKTA: Hoaks Judul Artikel Sebut Jokowi Gemar Makan Bipang Ambawang

Jumat, 21 Mei 2021 16:06 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Judul Artikel Sebut Jokowi Gemar Makan Bipang Ambawang Presiden Jokowi puji pengelolaan sampah di Surabaya. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar di media sosial Facebook sebuah artikel yang menyebutkan jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) gemar makan bipang ambawang khas Kalimantan Timur.

Artikel itu berjudul "SELAIN SUKA MAKANAN EXTREIM KELELAWAR PANGGANG (KEPANG), JOKOWI JUGA GEMAR MAKAN BIPANG AMBAWANG (BABI PANGGANG)" juga disisipkan logo CNN Indonesia.

Dalam artikel tersebut memuat foto Jokowi yang menggunakan baju kotak-kotak sedang menyantap sate dengan babi panggang di depannya.

hoaks jokowi makan bipang

Berikut narasi:

25 Desember 2010

Bukan Presiden Jokowi namanya kalau tidak suka nyeleneh yang aneh-aneh, omongan dan tingkah lakunya.

Jauh hari ketika menjadi simpatisan PDI-P Jokowi bersama teman karibnya Basuki Tjahaya Purnama dengan memakai baju kotak-kotak yang identik ciri khas Cina, Jokowi sering bersantap Kepang dan Bipang di Kalimantan Timur.

Jokowi yang dulunya adalah menganut kepercayaan sekte kejawen, kini menganut Islam Nusantara yang penuh toleransi kebudayaan. Makanya Jokowi gemar sekali makan Bipang Ambawang Kaltim sampai sekarang.

Penelusuran

Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "Jokowi gemar makan Bipang Ambawang" ke kolom pencarian situs cnnindonesia.com, hasilnya tidak ada artikel yang dimuat situs tersebut.

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan mengunggah gambar Jokowi yang tengah menyantap sate dengan babi panggang di depannya ke situs Google Search.

Hasilnya terdapat foto identik yang dimuat situs hipwee.com pada 11 Maret 2017. Dalam foto itu, Jokowi tampak tengah makan sate namun tidak ada babi panggang di depannya.

hoaks jokowi makan bipang

Foto tersebut diambil saat Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta tengah menyantap sate di rumah makan sate ayam khas Ponorogo milik Haji Tukri pada 2017 silam.

Kesimpulan

Artikel berjudul Jokowi gemar makan Bipang Ambawang tidak benar. Faktanya tidak ditemukan artikel yang memuat berita tersebut.

Sedangkan foto Jokowi sedang makan sate diambil pada tahun 2017 silam dan foto aslinya tidak ada babi panggang di depannya.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.hipwee.com/hiburan/10-kuliner-yang-bikin-bibir-kamu-dilap-pacar-ah-modusnya-kok-bisa-saja/
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4562149/cek-fakta-hoaks-artikel-berjudul-jokowi-juga-gemar-makan-bipang-ambawang [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini