CEK FAKTA: Hoaks Judul Artikel Ma'ruf Tak Masalah Uang Negara Dipakai Nikah Kaesang

Kamis, 8 Desember 2022 14:01 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Judul Artikel Ma'ruf Tak Masalah Uang Negara Dipakai Nikah Kaesang Wapres Maruf Amin. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Beredar tangkapan layar sebuah artikel menampilkan foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Kemudian diberi tulisan yang ditebalkan seperti judul dengan narasi "Ma'ruf Amin tak apa-apa Presiden Jokowi Pakai uang negara untuk menikahkan kaesang".

Tertulis tanggal publikasi pada 5 Desember 2022, pukul 18.30 WIB. Ma'ruf terlihat menggunakan baju batik.

Ma'ruf Amin disebutkan tidak masalah jika Presiden Jokowu menikahkan anaknya bungsunya, Kaesang Pangarep, menggunakan uang negara.

cek fakta hoaks judul artikel ma039ruf tak masalah uang negara dipakai untuk kaesang
©Twitter

2 dari 3 halaman

Penelusuran

Setelah dilakukan penelusuran, judul artikel yang menyebutkan Ma'ruf Amin menilai tak masalah Presiden Jokowi pakai uang negara untuk menikahkan Kaesang, merupakan hasil editan.

Artikel asilnya diunggah situs detik.com, berjudul "Wapres Ma'ruf Nilai Tak Masalah Menteri Ikut Urus Nikahan Kaesang-Erina" pada Senin, 5 Desember, pukul 18.30 WIB.

cek fakta hoaks judul artikel ma039ruf tak masalah uang negara dipakai untuk kaesang
©Detik.com

Isi artikel, Ma'ruf Amin menyinggung soal sejumlah menteri yang ikut menjadi panitia dalam persiapan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

"Soal kepanitiaan itu soal orang-orang yang dekat, biasanya kan begitu, siapa yang dekat, yang berada di lingkungannya biasanya itu yang jadi panitia," jelas Ma'ruf.

Ma'ruf tak masalah dengan para menteri yang ikut dalam persiapan pernikahan Kaesang dan Erina. Namun Ma'ruf mengingatkan agar tak ada kinerja yang terganggu.

"Kalaupun ada pejabat, saya kira tidak boleh mengganggu kinerja, saya kira itu aja, saya kira nggak ada masalah, itu sudah biasa. Sebab biasa kalau kita melakukan hajatan tentu yang ada di sekeliling kita. Nah Presiden di sekelilingnya tentu," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Judul artikel yang menyebutkan Ma'ruf Amin menilai tak masalah Presiden Jokowi pakai uang negara untuk menikahkan Kaesang, merupakan hasil editan.

Judul aslinya Ma'ruf Amin menilai tak masalah jika para menteri ikut urus pernikahan Kaesang-Erina.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://news.detik.com/berita/d-6444268/wapres-maruf-nilai-tak-masalah-menteri-ikut-urus-nikahan-kaesang-erina

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini