CEK FAKTA: Hoaks Jokowi Ancam AS Jika Ikut Campur Urusan Rusia

Senin, 3 Oktober 2022 13:09 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Jokowi Ancam AS Jika Ikut Campur Urusan Rusia Presiden Jokowi. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar video dengan narasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengancam akan menghancurkan Amerika Serikat jika ikut campur terkait urusan Rusia.

Dalam video berdurasi 8 menit itu menampilkan Presiden Jokowi duduk di hadapan Presiden AS Joe Biden, dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Selain menampilkan pengerahan pasukan, video itu juga menampilkan Jokowi bersalaman dengan Joe Biden, termasuk pertemuan Joe Biden dengan Putin, serta Joe Biden dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
"Indonesia Pasang Badan!! jokowi Ancam Akan Hancurkan as Jika Ikut Campur Urusan Rusia Ini."

cek fakta hoaks jokowi ancam as jika ikut campur urusan rusia
©Facebook

Penelusuran

Melansir dari Antara, video yang beredar itu sama sekali tidak menjelaskan ancaman Jokowi untuk menghancurkan AS lewat pernyataan dari Duta Besar Indonesia untuk Rusia, M. Wahid Supriyadi.

Tidak terdapat pernyataan Dubes Wahid Supriyadi berisi ancaman kepada AS, baik di media massa, ataupun situs resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Sementara itu, pernyataan narator pada unggahan video di Facebook dengan konten video Kompas TV berjudul "Dubes China Ancam AS Akan Hancur jika Ikut Campur Terkait Taiwan, Sebut Tak Belajar dari Ukraina"

Foto maupun potongan video yang ditampilkan pada unggahan Facebook itu juga tidak menampilkan pernyataan jelas jika memang terdapat peringatan dari Presiden Joko Widodo, ataupun pernyataan dari Dubes Indonesia untuk Rusia.

Potongan video yang menampilkan Presiden Jokowi sedang berjabat tangan dengan Presiden AS Joe Biden terjadi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Schloss Elmau, Jerman, Senin, 27 Juni 2022.

Kemudian, video yang memperlihatkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden bersama Presiden Rusia Vladimir Putin merupakan pertemuan keduanya di Jenewa, Swiss, pada 16 Juni 2021.

Sementara potongan video Presiden Jokowi menemui Presiden Rusia Vladimir Putin berlangsung di Kremlin, Moskow, Rusia pada 30 Juni 2022.

Kesimpulan

Video bernarasi Presiden Jokowi ancam akan hancurkan AS jika ikut campur terkait Rusia adalah tidak benar. Faktanya isi video tersebut tidak menjelaskan ancaman Jokowi untuk menghancurkan AS.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kompas.tv/amp/article/317865/videos/dubes-china-ancam-as-akan-hancur-jika-ikut-campur-terkait-taiwan-sebut-tak-belajar-dari-ukraina
https://www.antaranews.com/berita/3150729/hoaks-jokowi-ancam-hancurkan-as-jika-ikut-campur-urusan-rusia

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini