CEK FAKTA: Hoaks Jarum Suntik Hilang Saat Proses Penyuntikan Vaksin Covid-19

Rabu, 23 Desember 2020 13:30 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Jarum Suntik Hilang Saat Proses Penyuntikan Vaksin Covid-19 Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2020 REUTERS

Merdeka.com - Beredar video jarum suntik yang hilang saat proses Penyuntikan vaksin Covid-19. Dalam video itu disebutkan jarum suntik hilang saat proses penyuntikan ke tubuh pasien.

hoaks jarum suntik hilang saat proses vaksinasi covid 19
turnbackhoax

"Disappearing needles!! There soo desperate, come on!!"

Atau

"Jarum yang menghilang!! Sangat putus asa, ayolah!!"

Penelusuran

Penjelasan terkait jarum suntik yang hilang saat proses penyuntikan vaksin Covid-19, dijelaskan dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] Video Jarum Suntik Menghilang Saat Proses Vaksinasi Covid-19" pada 21 Desember 2020, dijelaskan bahwa jarum itu tidak hilang saat disuntikkan ke tubuh pasien.

Dari hasil penelusuran, diketahui informasi tersebut tidak benar. Jarum pada suntikan tidak menghilang, tapi otomatis ditarik menggunakan suntikan khusus yang disebut “Safety Syringe” (Alat Suntik Pengaman). Alat suntik pengaman merupakan alat suntik dengan mekanisme keamanan tambahan untuk mengurangi risiko cedera pada petugas kesehatan dan orang lain akibat tertusuk jarum yang tidak disengaja.

Alat suntik pengaman telah digunakan secara luas selama lebih dari satu dekade dan hingga kini terdapat banyak model untuk jarum suntik jenis ini. Menggunakan alat suntik pengaman tidak berdampak pada jumlah vaksin yang didapat seseorang dan tidak berbeda dengan menerima vaksin melalui jarum suntik tradisional.

Dilansir dari bbc.com, klip video datang dari laporan yang disiarkan di BBC TV 16 Desember 2020, dibagikan oleh juru kampanye anti-vaksin. Mereka mengklaim jarum suntik palsu dengan “jarum yang menghilang” digunakan sebagai upaya pihak berwenang untuk mempromosikan vaksin yang sebenarnya tidak ada.

Kesimpulan

Video yang menyebutkan jarum suntik yang hilang saat proses penyuntikan vaksin Covid-19 adalah hoaks. Jarum suntik dalam video itu adalah alat suntik pengaman. Tujuannya untuk mengurangi risiko cedera pada petugas kesehatan dan orang lain akibat tertusuk jarum yang tidak disengaja.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini