CEK FAKTA: Hoaks Jalan Bulak Kapal Ditutup 535 Hari Karena Pembangunan Underpass

Jumat, 13 November 2020 12:05 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Jalan Bulak Kapal Ditutup 535 Hari Karena Pembangunan Underpass hoaks jalan ditutup 535 hari karena pembangunan underpass bulak kapal. Facebook

Merdeka.com - Informasi pembangunan underpass di Bulak Kapal, Kota Bekasi beredar di media sosial. Penyebar informasi itu menyebutkan bahwa akan ada penutupan jalan selama 535 hari selama pembangunan underpass berlangsung.

hoaks jalan ditutup
Facebook

"Mohon ijin menginformasikan Bapak Ibu.. Jl. Menuju Bulak Kapal Akan Di Tutup Karna Akan Ada Pembangunan underpass Bulak Kapal selama kurang lebih *535 hari..* Silahkan bisa mencari jalan Alternatif, Baik yang akan menuju ke Arah Jakarta dan Tambun yg Melalui Jalan Tersebut.. serta yang menuju ke Arah Perumnas 3.."

Penelusuran

Penjelasan terkait informasi tersebut dijelaskan dalam artikel liputan6 berjudul "Viral Jalan Bulak Kapal Ditutup Selama 535 Hari, Ini Kata Pemkot Bekasi" pada 11 november 2020.

Kabag Humas Pemkot Bekasi, Yekti Rubiah menegaskan tidak ada rencana penutupan jalan secara total selama 535 hari. Hal ini berdasarkan informasi yang diterima dari pihak Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi.

"Yang benar, pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mengerjakan tahapan pengerjaan Underpass Bulak Kapal," kata Yekti dalam keterangannya, Rabu (11/11/2020).

Untuk pengerjaan proyek, kata dia, akan diawali dengan konstruksi frontage terlebih dulu. Setelah frontage rampung dan bisa dilalui kendaraan, barulah akan dilanjutkan dengan pengerjaan konstruksi Underpass Bulak Kapal.

Jadi secara prinsip, lanjut Yekti, pengerjaan proyek akan terus berjalan tanpa dilakukan penutupan jalan. Pemkot Bekasi kemungkinan hanya akan melakukan pengalihan sirkulasi lalu lintas.

"Jadi mungkin lalu lintas akan terganggu, tapi penutupan 535 hari itu tidak benar adanya," tegasnya.

Yekti menyebutkan, pengerjaan konstruksi jalan juga tengah dilakukan Pemkot Bekasi di wilayah Bulak Kapal, Bekasi Timur. Salah satunya pengecoran jalan dan saluran sepanjang 180 meter di Jalan Joyomartono (depan BTC), yang menyebabkan pengalihan arus di sejumlah titik.

"Bagi kendaraan dari arah Tol Bekasi Timur dan Kalimalang (Tambun) menuju Bulak Kapal, Perumnas 3, dan Depsos Bekasi Timur, dialihkan seluruhnya melalui jalan Sersan Aswan dan Jalan Cut Mutia," tandas Yekti.

Kesimpulan

Informasi pembangunan underpass di Bulak Kapal memakan waktu 535 hari adalah tidak benar. Pembangunan akan dilakukan, namun tidak menutup jalan selama 535 hari.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini