CEK FAKTA: Hoaks Imun Wanita yang Menstruasi Akan Turun Bila Disuntik Vaksin

Rabu, 28 April 2021 10:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Imun Wanita yang Menstruasi Akan Turun Bila Disuntik Vaksin Pedagang tekstil di Solo divaksinasi Covid-19. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Informasi vaksinasi bagi wanita yang sedang menstruasi bisa menurunkan imun beredar di media sosial. Informasi itu menyebutkan bahwa jangan divaksin saat wanita sedang menstruasi, karena imun akan menurun.

informasi wanita menstruasi tak boleh divaksin
Kominfo

"Don't take the vaccine before and after 5 days your periods because immunity will be very less during periods."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah tidak benar. Dalam artikel kompas.com berjudul "Bolehkah Terima Vaksin saat Haid? Ini Penjelasan Kemenkes" pada 20 April 2021, dijelaskan bahwa wanita yang sedang menstruasi bisa disuntik vaksin.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi memberikan penjelasan akan pertanyaan tersebut.

Ia menjelaskan bahwa vaksin tetap bisa dilaksanakan meskipun seseorang sedang datang bulan.

“Boleh. Aman,” ujar Nadia, saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/4/2021).

Meski demikian saat ditanya bagaimana dengan mereka yang mengalami nyeri haid hebat, Nadia menjelaskan jika terdapat keluhan lain maka vaksinasi bisa ditunda.

“Kalau ada keluhan lain selain haid tentunya ditunda sampai sakitnya atau nyerinya hilang ya. Karena itu (nyeri haid) biasanya 1-3 hari pertama saja,” kata dia.

Meski demikian pihaknya menegaskan bahwa pada prinsipnya, seseorang yang tengah menstruasi tetap bisa disuntik vaksin.

“Tapi prinsipnya, orang haid tetap dapat melakukan vaksinasi,” tutur Nadia.

Kesimpulan

Informasi wanita yang sedang menstruasi tidak boleh disuntik vaksin karena menurunkan imun adalah hoaks. Wanita yang sedang menstruasi boleh disuntik vaksin dan tidak berpengaruh pada penurunan imun.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini