CEK FAKTA: Hoaks IGD RSUD Blambangan Ditutup

Selasa, 15 September 2020 13:50 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks IGD RSUD Blambangan Ditutup RSUD Blambangan. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Informasi penutupan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur beredar di media sosial Facebook. Informasi itu menyebutkan bahwa penutupan IGD mulai tanggal 14 September 2020 sampai dengan 20 September 2020. Penutupan IGD dilakukan karena akan disemprot disinfektan.

hoaks igd rsud blambangan ditutup

Kominfo

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi penutupan IGD RSUD Blambangan adalah hoaks. Dalam artikel idntimes berjudul "Beredar Kabar IGD RSUD Blambangan Tutup, Ini Kata Dinkes Banyuwangi" pada 13 September 2020, dijelaskan bahwa IGD RSUD Blambangan tidak ditutup.

Beredar informasi di media sosial yang menyebut layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Blambangan, Banyuwangi ditutup sementara hingga 21 September karena akan disemprot disinfektan. Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr. Widji Lestariono menyanggah kabar tersebut.

Layanan instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Blambangan tetap buka. Rio menegaskan bahwa pelayanan RSUD Blambangan masih berjalan hingga saat ini.

"IGD RSUD Blambangan tetap memberikan pelayanan kegawat-daruratan kesehatan. Jadi, informasi yang beredar tidak benar," ujar Rio, Minggu (13/9/2020).

Rio mengatakan, memang ada layanan RSUD Blambangan yang ditutup menyusul 4 tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19. Layanan yang ditutup yakni Instalasi Bedah Sentral (IBS), bukan IGD. Layanan IBS sendiri ditutup mulai tanggal 11 hingga 16 September 2020 untuk dilakukan sterilisasi ruangan.

"Memang ada Nakes yang terpapar, namun semua ditangani dan dilakukan isolasi dan perawatan. Tracing juga sudah dilakukan ke karyawan RSUD. Pihak RSUD bahkan sudah menjadwalkan swab test ke karyawan-karyawan yang kontak erat," kata Rio.

Kesimpulan

Informasi IGD RSUD Blambangan ditutup adalah hoaks. Memang ada layanan RSUD Blambangan yang ditutup, namun bukan layanan IGD.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini