CEK FAKTA: Hoaks Hacker Akan Meretas Situs Milik Indonesia

Jumat, 19 Februari 2021 16:50 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Hacker Akan Meretas Situs Milik Indonesia Ilustrasi hacker. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Informasi hacker akan meretas situs-situs milik Indonesia beredar di media sosial. Informasi itu ditulis dalam sebuah artikel berjudul "Seorang Hacker Menggemparkan Setelah Menyatakan Jika Dirinya Akan Meretas Ratusan Website Milik Indonesia". Judul artikel itu mencatut nama kompas.com.

hoaks hacker akan meretas situs indonesia
Facebook

"Seorang hacker berinisial J kembali hebohkan publik karena pernyataannya bahwa dirinya akan meretas duit sebanyak 11 trilyun di bank SWISS Berikut Informasinya;"

Penelusuran

Dari penelusuran merdeka.com, tidak ditemukan artikel kompas.com berjudul "Seorang Hacker Menggemparkan Setelah Menyatakan Jika Dirinya Akan Meretas Ratusan Website Milik Indonesia".

Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] “Seseorang Hacker Menggemparkan Setelah Menyatakan Jika Dirinya Akan Meretas Website Milik Indonesia”" pada 18 Februari 2021, dijelaskan bahwa judul berita yang diunggah kompas.com berbeda dengan judul yang beredar di media sosial Facebook.

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ditemukan artikel Kompas.com dengan judul seperti pada unggahan gambar tersebut. Namun ditemukan artikel Kompas.com dengan tanggal dan waktu unggahan yang sama, yakni pada artikel yang berjudul “Murfi Sembako Meninggal Dunia karena Sakit Jantung hingga Ucapan Duka Sahabat” diunggah pada 30 Januari 2021, pukul 07.08 WIB.

Pada indeks berita Kompas.com, artikel yang dimuat pada waktu itu terkait berita duka cita. Artikel itu satu-satunya yang dimuat pada 07.08 WIB.

Kesimpulan

Informasi hacker akan meretas situs-situs milik Indonesia adalah hoaks. Tidak ditemukan informasi resmi terkait hal tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini