CEK FAKTA: Hoaks Gubernur NTB Minta Dana Pengamanan Pelaksanaan Pilkada 2020

Kamis, 12 November 2020 10:50 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Gubernur NTB Minta Dana Pengamanan Pelaksanaan Pilkada 2020 Hoaks Gubernur NTB Minta Dana Pengamanan Pelaksanaan Pilkada 2020. ©Facebook Humas NTB

Merdeka.com - Beredar surat dari Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) yang meminta bantuan dana pengamanan pelaksanaan Pilkada 2020.

Surat permintaan dana bantuan Pilkada 2020 tertanggal 9 November 2020 itu juga mendapat cap dan tanda tangan dari Gubernur NTB saat ini, Zulkieflimansyah.

Penelusuran

Pemerintah Provinsi NTB, menyebut surat yang beredar terkait permintaan pengamanan Pilkada tersebut hoaks.

Melalui akun media sosial, Pemprov NTB sangat mudah dikenali sebagai informasi palsu. Terlebih, banyak kecacatan dalam surat yang terlihat seperti resmi itu.

hoaks gubernur ntb minta dana pengamanan pelaksanaan pilkada 2020
©Facebook Humas NTB

Berikut Bantahan Pemprov NTB, melalui akun Facebooknya yang dipublikasi pada 10 November:

Bisa jadi pembuat surat Hoax ini pandai soal tata naskah. Tapi kadang ada saja celah yang membuatnya menjadi cacat. Misalnya penomoran surat, penulisan Salam menggunakan salam sejahtera, pengaturan spasi surat dan penulisan nama pejabat kalau di surat biasa begini pasti lengkap dengan gelarnya.

Di Biro Humas dan Protokol Pemprov NTB sejak 2 Tahun yang lalu kami memiliki Aplikasi GSMH (Governor Social Media Handling) dalam manajemen PRCC (Public Relation Command Center) yang berbasis Artificial Intelegent. PRCC bahkan sudah memiliki HAKI dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Melalui Manajemen PRCC, kami bisa memantau perkembangan media sosial sehingga bisa menjadi feedback dalam memberikan pelayanan informasi, mencermati isu dan kehendak netizen yang berkembang dan menjadi rekomendasi strategis kepada pimpinan.

Kami himbau warga NTB tetap berhati-hati, modus penipuan mengatasnamakan momentum pilkada juga marak di beberapa provinsi di Indonesia. Ayo bijak bermedia sosial, segera cek dan recek setiap dokumen dan berita yang diragukan validitasnya.
#pilkadadamai
#ntbbersihdanmelayani
#manajemenPRCC
#surathoax
#ntbgemilang

Kesimpulan

Surat edaran mengatasnamakan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) yang meminta bantuan dana pengamanan pelaksanaan Pilkada 2020 adalah palsu. Terlebih, banyak kecacatan dalam surat yang terlihat seperti resmi.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini