CEK FAKTA: Hoaks Fotografer Menangis Saat Foto Masjid Al Aqsa

Sabtu, 15 Mei 2021 15:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Fotografer Menangis Saat Foto Masjid Al Aqsa Masjid Al Aqsa rusak. ©2015 AFP PHOTO/AHMAD GHARABLI

Merdeka.com - Sebuah foto seorang fotografer menangis saat bekerja beredar di media sosial. Foto itu disebut-sebut saat fotografer menangis ketika mengambil gambar di Masjid Al Aqsa di Yerusalem.

fotografer menangis
istimewa

"a photojournalist rolls down tears while capturing pictures of Masjid Al-Aqsa in Jerusalem."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel Reuters Fact Check, dijelaskan bahwa foto sudah beredar sejak 2019.

The original photo of the emotional photojournalist was shared here on the official Asian Cup Twitter page in January 2019. The caption explains that the photo shows an Iraqi photographer and was taken during the round of 16 game between Iraq and Qatar on Jan, 22, 2019, which Iran lost 1-0, knocking them out of the tournament (here). The photo was also shared on Twitter on Jan 24, 2019 here by the official account of sports website Sport360 Arabiya with the caption concurring that this is an Iraqi photographer crying because his team was eliminated from the Asian Cup.

Berikut terjemahannya:

Foto asli jurnalis foto yang terlihat menangis sudah beredar di Twitter resmi Piala Asia pada Januari 2019. Dalam keterangannya dijelaskan bahwa foto tersebut menunjukkan seorang fotografer Irak saat mengambil gambar pertandingan babak 16 besar antara Irak dan Qatar pada 22 Jan 2019. Saat itu Iran kalah 1-0, membuat mereka tersingkir dari turnamen. Foto tersebut juga dibagikan di Twitter pada 24 Jan 2019 oleh akun resmi situs web olahraga Sport360 Arabiya, dengan keterangan yang menyatakan bahwa fotografer Irak yang menangis karena timnya tersingkir dari Piala Asia.

fotografer menangis
istimewa

Kemudian foto tentara Israel di depan Masjid Al Aqsa memang benar. Foto itu diunggah di beberapa media, seperti Anadolu Agency. Foto diambil oleh fotografer Mostafa Alkharouf pada 7 Mei 2021.

kondisi masjid al aqsa
Anadolu Agency

Kesimpulan

Informasi foto fotografer yang menangis saat mengambil gambar di depan Masjid Al Aqsa adalah hoaks. Foto tersebut sudah beredar sejak 2019, atau saat fotografer Irak yang menangis karena timnya tersingkir dari Piala Asia 2019.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini