CEK FAKTA: Hoaks Foto Warga di Turki Salat Istisqa dan Langsung Turun Hujan

Rabu, 24 November 2021 11:46 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Foto Warga di Turki Salat Istisqa dan Langsung Turun Hujan Hoaks Foto Warga di Turki Salat Istisqa dan Langsung Turun Hujan. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar video yang memperlihatkan foto-foto sejumlah orang tengah menjalankan ibadah salat di bawah guyuran hujan.

Foto tersebut disertakan dengan narasi orang-orang sedang menjalankan salat meminta turun hujan (Salat Istisqa) dan salat belum selesai hujan sudah turun. Peristiwa ini diklaim terjadi di Turki.

"Belum selesai solat minta hujan, hujan pun langsung datang dengan sangat deras. Sementara negara tetangganya Yunani yang juga mengalami kebakaran hutan hebat sama sekali tidak diterjang hujan," narasi yang beredar.

hoaks foto warga di turki salat istisqa dan langsung turun hujan

Penelusuran

Hasil penelusuran cek fakta merdeka.com, foto bernarasi sejumlah orang tengah menjalankan ibadah salat meminta turun hujan dan hujan turun sebelum salat selesai adalah keliru. Foto itu diambil saat warga Turki sedang menjalankan salat Jumat saat hujan turun.

Foto identik diunggah akun Twitter CNN Turk pada 19 Juni 2020. Foto itu memperlihatkan foto pelaksanaan salat Jumat di bawah hujan lebat.

hoaks foto warga di turki salat istisqa dan langsung turun hujan
©Twitter CNN Turk

Setelah dibukanya kembali masjid-masjid yang ditutup untuk ibadah massal pada 16 Maret 2020 akibat pandemi Covid-19. Salat Jumat keempat diadakan di bawah hujan lebat di banyak bagian negara itu.

Kesimpulan

Foto bernarasi sejumlah orang tengah menjalankan ibadah salat meminta turun hujan dan hujan turun sebelum salat selesai adalah keliru. Faktanya, foto itu diambil saat warga Turki menjalankan salat Jumat di bawah hujan lebat.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://twitter.com/cnnturk/status/1273956395856138240/photo/1 [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Turki
  4. Hujan Turun
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini