CEK FAKTA: Hoaks Foto Temuan Sajadah Utuh Saat Pencarian KRI Nanggala 402

Rabu, 5 Mei 2021 13:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Foto Temuan Sajadah Utuh Saat Pencarian KRI Nanggala 402 Pencarian kapal selam KRI Nanggala 402. ©SONNY TUMBELAKA/AFP

Merdeka.com - Sebuah foto sajadah masih utuh di sebelah puing-puing besi beredar di media sosial Facebook. Sajadah itu disebut-sebut ditemukan saat pencarian KRI Nanggala 402.

tangkapan layar foto sajadah utuh
turnbackhoax

"ALLAHUAKBAR SAJADAH DI TEMUKAN UTUH DAN TIDAK HANCUR DI SERPIHAN KAPAL SELAM KRI NANGGALA 402. SUBHANALLAH…"

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, foto sajadah tersebut bukan dari kapal selam KRI Nanggala 402. Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] Foto “Allahuakbar Sajadah Di Temukan Utuh Dan Tidak Hancur Di Serpihan Kapal Selam KRI Nanggala 402. Subhanallah” pada 5 Mei 2021, dijelaskan bahwa sajadah ditemukan dari puing Sriwijaya Air SJ-182.

Faktanya, bukan dari kapal selam KRI Nanggala 402. Sajadah di foto bersaman bagian puing-puing pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021).

Foto yang indentik, dimuat di artikel berjudul “PENEMUAN KOTAK PENYIMPANAN MEMORI CVR” yang terbit pada 15 Februari 2021 di situs antarafoto.com.

Keterangan foto itu menyebutkan, Panglima Koarmada I, Laksamana Muda TNI AL Abdul Rasyid, (ketujuh kiri) memeriksa serpihan pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 hasil operasi pencarian di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (15/1/2021). Di bagian kiri tampak personel TNI mengangkat sajadah berwarna cokelat dari puing-puing pesawat.

Selain itu, di situs Antara Foto juga menampilkan foto temuan hasil pencarian dari barang-barang serta puing-puing dari KRI Nanggala 402. Salah satu temuan adalah potongan alas salat, bukan sajadah utuh seperti yang diunggah oleh sumber klaim. Temuan ini disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono pada Sabtu (24/4/2021).

Barang-barang yang ditemukan berupa pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin dan satu buah botol berisikan pelumas periskop kapal selam. Selain itu, tim pencarian juga menemukan adanya satu potongan alas yang biasa digunakan para ABK untuk salat.

Kesimpulan

Sebuah foto sajadah utuh yang disebut-sebut ditemukan di KRI Nanggala 402 adalah hoaks. Foto sajadah utuh diambil saat pengangkatan puing-puing Sriwijaya Air SJ-182 pada 15 Januari 2021.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini