CEK FAKTA: Hoaks Foto Suami Istri Gagal Berangkat Haji Setelah 30 Tahun Menabung

Rabu, 9 Juni 2021 16:27 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Foto Suami Istri Gagal Berangkat Haji Setelah 30 Tahun Menabung kekhusyukan doa jemaah umrah di Masjidil Haram. ©2020 AFP/Kementerian Haji dan Umrah Saudi

Merdeka.com - Sebuah foto menjepret sepasang suami istri dengan menampilkan kartu pengenal beredar di media sosial. Pengunggah foto menyebut pasangan suami istri gagal pergi haji setelah 30 tahun menabung karena pemerintah.

hoaks foto suami istri gagal pergi haji
istimewa

"Akhirnya cuman bisa MENANGIS
Kisah Romantis Pria 91 Tahun Menabung 30 Tahun Demi Berhaji dengan Istri.
Kasian gak bisa pergi haji gara"
Rezim Gagal."

Penelusuran

Dari hasil penelusuran merdeka.com, pasangan suami istri dalam foto tersebut bukan gagal menjalani ibadah haji.

Sebelumnya, foto itu sudah lebih dulu muncul dalam artikel Liputan6.com berjudul "Kisah Romantis Pria 91 Tahun Menabung 30 Tahun Demi Berhaji dengan Istri" pada 29 Juli 2018.

Dalam artikel Liputan6.com, dijelaskan bahwa sang suami rela menunggu jadwal haji istri agar bisa pergi haji bersama.

Ahmadi, veteran berusia 91 tahun mendaftar haji pada tahun 2011. Ia sudah menabung untuk berangkat haji sejak 20 tahun silam.

Saat itu, ia langsung dipanggil berangkat melalui program percepatan, karena usianya yang memang sudah 84 tahun. Namun, rupanya, tidak dengan istrinya, Sartoyah.

Sartoyah, masih harus menunggu pada tahun 2011 itu.

Rasa sayangnya kepada istri membuat Ahmadi enggan berangkat tahun 2011. Ia rela menunggu hingga istrinya mendapat jadwal pada 2018.

Akhirnya, yang ditunggu pun tiba. Ahmadi dan Sartoyah masuk daftar pemberangkatan haji tahun 2018 ini. Kepastian jadwal itu membuat Ahmadi bertambah semangat.

Kesimpulan

Sebuah foto sepasang suami istri yang gagal berangkat haji setelah menabung 30 tahun adalah hoaks. Sepasang suami istri itu telah berangkat haji bersama pada 2018.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini