CEK FAKTA: Hoaks, Foto Ruang Ganti Pemain Jepang Penuh Sampah

Rabu, 30 November 2022 14:25 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks, Foto Ruang Ganti Pemain Jepang Penuh Sampah CEK FAKTA: Hoaks, Foto Ruang Ganti Pemain Jepang Penuh Sampah. ©Twitter

Merdeka.com - Beredar di media sosial foto-foto yang diklaim sebagai ruang ganti pemain Jepang terlihat kotor dan banyak sampah. Foto sampah berserakan, disebut terjadi usai Jepang melawan Costa Rica di Piala Dunia pada 27 November 2022.

"Japan's dressing room after Costa Rica match.

#Qatar2022 #WorldCup #Japan #QatarWorldCup2022 #CostaRica
#Germany #Messi #WorldCup2022"

cek fakta hoaks foto ruang ganti pemain jepang penuh sampah
©Twitter
2 dari 3 halaman

Penelusuran

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan Google Image, mengungkapkan bahwa gambar tersebut diambil di stadion Renzo Barbera di Palermo dan menunjukkan ruang ganti tim Italia setelah kekalahan mereka dari Makedonia Utara.

Dikutip dari situs givemesport.com, 27 Maret 2022 penampakan ruang ganti yang penuh sampah tersebut terjadi di mana tim Italia meninggalkan ruang ganti setelah kalah dari Makedonia Utara.

FIFA memiliki gambar yang menunjukkan ruang ganti Jepang setelah pertandingan pembukaan tim melawan Jerman, di Stadion Khalifa, tanpa sampah.

cek fakta hoaks foto ruang ganti pemain jepang penuh sampah
©Twitter

Terlihat baju dan handuk yang dilipat dan disusun secara rapi dan lantai yang bersih. Terdapat origami angsa dengan catatan ucapan terima kasih kepada penyelenggara.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim ruang ganti pemain Jepang kotor dan penuh sampah adalah keliru. Foto tersebut menunjukkan ruang ganti tim Italia setelah kekalahan mereka dari Makedonia Utara pada Maret 2022.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://twitter.com/FIFAcom/status/1595540563306094603
https://www.givemesport.com/87988975-italy-players-left-dressing-room-in-a-mess-after-loss-to-north-macedonia
https://www.reuters.com/article/factcheck-japan-world-cup/fact-check-images-of-dressing-rooms-strewn-with-rubbish-are-not-japanese-soccer-teams-changing-room-after-costa-rica-world-cup-match-idUSL1N32P10J

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini