CEK FAKTA: Hoaks Foto Puing-Puing Kendaraan Hancur Karena Serangan Militer Myanmar

Selasa, 28 Desember 2021 16:18 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Foto Puing-Puing Kendaraan Hancur Karena Serangan Militer Myanmar Hoaks Foto Puing Kendaraan Setelah Serangan Militer Myanmar. Facebook

Merdeka.com - Sebuah foto memperlihatkan puing-puing mobil berserakan. Pengunggah foto menyebut foto itu diambil saat serangan militer Myanmar pada Desember 2021.

"Pasukan BFG dan junta setelah dihantam ranjau pinggir jalan di Asia Highway. Tolong bantu mereka," tulis pengunggah foto.

hoaks foto puing kendaraan setelah serangan militer myanmar
Facebook

Seperti diketahui, BFG adalah Border Guard Forces of Myanmar, atau Pasukan Penjaga Perbatasan Myanmar.

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, foto tersebut bukan kejadian serangan militer Myanmar.

Mengutip AFP Fact Check berjudul "This photo shows a bomb attack in Thailand in 2013, not in Myanmar in 2021" pada 22 Desember 2021, dijelaskan bahwa foto tersebut diambil setelah ledakan bom di Thailand tahun 2013.

Foto ditelusuri menggunakan Google Reverse Image. Hasilnya, ditemukan foto serupa yang muncul dalam laporan berita media Thailand, Isranews Agency pada 29 Juni 2013.

Dalam bahasa Thailand, judul berita tersebut, yakni "Pemboman truk militer – 8 tentara tewas."

"Pelaku meledakkan bom, menewaskan militer dari pasukan militer khusus ke-13 di distrik Krongpinang, saat mereka berganti shift dan kembali ke tempat tinggal mereka. Ledakan menghancurkan kendaraan, delapan tentara tewas dan dua terluka. Seorang warga sipil tewas akibat ledakan itu," tulis laporan media tersebut.

Krongpinang adalah sebuah distrik di provinsi Yala, Thailand selatan.

Kesimpulan

Foto puing-puing mobil yang hancur karena serangan militer Myanmar adalah hoaks. Foto diambil setelah kendaraan militer Thailand hancur karena dibom. Kejadian tahun 2013.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini